input license here

11 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa

11 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa - Semakin maraknya virus yang masih menyebar diseluruh dunia ini, yakni virus Corona, banyak yang belum tahu betul cara menyambut bulan suci ramadhan yang baik dan benar. Sebab kenyataannya adalah banyak yang dari mereka yang masih belum maksimal untuk menyambut bulan suci Ramadhan tersebut.

Maka dari itu kami akan ulas beberapa tips untuk menyambut bulan suci ramadhan yang sehingga puasa kita semua bisa kita jalankan dengan baik dan maksimal.

11 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa

11 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa
Diantaranya banyak tips untuk menyambut bulan suci ramadhan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelumnya. Yaitu adalah.

1. Persiapan Fisik

Kesehatan mental dan fisik harus selalu terjaga dibulan yang mungkin kita akan semakin disibukan dengan menambah taat kepada Allah. Salah satunya ialah mempersiapkan kesehatan fisik kita sebelum menjalankan puasa. Manfaat nya bagi kita semua adalah:
  • A. Mengontrol kesehatan badan, maksudnya adalah agar kita selalu fit dalam melakukan aktivitas sehari hari kita sekalipun kita sedang melakukan puasa. Sebab puasa itu melemahkan badan kita, nah agar badan kita tidak loyo dan capek, maka sangat penting kita menjaga dan mengontrol kesehatan badan kita sendiri.
  • B. Meningkatkan semangat, maksudnya adalah supaya kita tetap maksimal melakukan ibadah apapun. Karena faktanya adalah kita sering tidak fit atau tidak semangat dalam melakukan sesuatu itu, sebab tingkat semangat kita turun, agar stamina kita tetap stabil, maka menjaga kesehatan badan itu untuk meningkatkan semangat amatlah penting.
  • C. Mengurangi stress, kadang kita karena saking banyaknya jumlah pekerjaan yang harus kita lakukan, kadang kita merasa stres akibat terbebani dengan aktivitas. Untuk mengurangi stress maka yang perlu kita lakukan adalah perlu mengecek kedokter tentang kesehatan tubuh kita.[1]

2. Persiapan Keimanan

Kesiapan iman juga perlu kita lakukan sebelum menjalankan puasa ramadhan, karena tanpa adanya keimanan puasa kita tidak sah, sebab kita tidak percaya bahwa menjalankan puasa itu tidaklah wajib, dikalau kita menyakini bahwa puasa itu adalah kewajiban kita sebagai orang yang beriman, maka kita akan mudah melakukan nya.

Karena faktanya banyak orang yang mengeluh ketika berpuasa. Ini disebabkan karena kurangnya keimanan dalam dirinya. Defenisi iman itu sendiri adalah: kita membenarkan apapun yang datang dari Allah dan nabi, dengan menyakini nya dalam hati kita, melakukannya dengan melakukan amal Soleh dan mengurangi melakukan perkara maksiat,[2] itulah defenisi iman yang harus kita lakukan, terlebih lagi ketika kita menjalan ibadah yang langsung diperintahkan oleh Allah kepada kita yaitu menjalankan puasa.

3. Persiapan Ilmu

Persiapan ilmu juga sangat penting dalam melakukan ibadah puasa, sebab tanpa adanya ilmu pengetahuan maka puasa kita kurang maksimal. Karena faktanya banyak sekali ilmu ilmu yang harus kita kuasai betul dalam menjalankan puasa. Yaitu yang utama adalah mempelajari hal hal yang bisa membuat puasa kita menjadi batal. Yakni seperti:
  • Makan dan minum disiang hari [3]
  • Melakukan senggama disiang hari [4]
  • Muntah dengan sengaja [5]
  • Sebab datangnya Haid [6]
  • Nifas [7]
  • Keluar nya air mani dengan sengaja [8] dan lain lainnya.
Jadi banyak sekali ilmu ilmu yang harus kita kuasai untuk menyempurnakan puasa itu. Maka belajar lah untuk mendapatkan kesempurnaan nya.

4. Persiapan Kebutuhan Harian

Bukan hanya persiapan fisik yang perlu kita jaga, mengenai Finansial kita juga Oun haru kita jaga juga. Sebab banyak sekali diskon atau penawaran yang menarik bagi kita menjelang masuknya bulan ramadhan.

Kebutuhan kita itulah yang terpenting bagi diri kita, agar kita bisa juga sama seperti yang lainnya. Kami juga percaya bahwa rezeki dan isi dompet dari setiap orang itu memanglah berbeda dengan yang lain, sebab rezeki memang sudah ada yang mengaturnya. Maka dari itu kita lihat dahulu Keuangan kita agar kebutuhan bulan Ramadan kita bisa terpenuhi semuanya. Kalaupun dalam keuangan kita terbatas maka jalan satu satunya adalah kita harus menghemat uang kita dalam bulan ramadhan. Caranya adalah:
  • Terus ada niatan untuk menabung: agar kita bisa mengirit kebutuhan dan keperluan kita. Mungkin suatu saat nanti uang tersebut bisa kita gunakan kepada hal lainnya.[9]
  • Susun kebutuhan dengan anggaran: mungkin banyak yang kita perlu kita beli, tapi susunan lah kebutuhan anda sesuai dengan keuangan anda, yaitu mulai dari memperhatikan harga.[10]

5. Persiapan Keuangan

Sebagaimana yang telah kami sampaikan diawal, bahwa menjaga keuangan itu memanglah sangat penting agar terbutuhinya setiap apa yang kita inginkan. Baik dari alat transportasi sampai ke pakaian kita sendiri.

Maka jalan satu satunya agar kita bisa mempersiapkan keuangan kita agar maksimal pemakaiannya saat memasuki bulan puasa ramadhan adalah dengan cara hemat. Banyak orang yang boros dalam pemakaian uang tapi saran kami adalah anda jangan seperti seperti mereka yang suka menghambur hamburkan uang.

6. Mengatur Waktu Tidur

Mengatur waktu tidur saat melakukan ibadah puasa adalah hak utama yang harus kita jaga juga. Sebab kebanyakan diri kita banyak sekali tidur sehingga banyak pula waktu yang terbuang percuma sehingga diri kita akan mengalami:
  1. Kurangnya ibadah kepada Allah: dalam kata lain, karena saking banyaknya tidur dan akibat waktu tidur yang tidak diatur maka banyak juga ibadah kita berkurang kepada Allah. Seperti membaca sholawat, ber-tahajjud, membaca Al Qur'an dan masih banyak lagi.
Dan juga efek buruk yang akan terjadi apabila diri kita sering tidur atau memperlama waktu tidur kita akan mengalami efek samping seperti contoh:
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Dan bertambahnya depresi.[11]

7. Konsultasi Ke Dokter

Salah satu tips yang kami sarankan kepada anda adalah sering sering lah mengkonsultasikan kesehatan diri anda kepada dokter, agar kita juga mengetahui penyakit apa yang ada dalam diri kita, dan agar kita mudah mengobati nya akan tetapi kalau bisa kita cegah sebelum terlambat.

Banyak sekali penyakit yang akan ditimbulkan oleh orang yang berpuasa, misalnya seperti penyakit:
  • Datangnya Sakit Kepala: ini juga disebabkan akibat tubuh kita kurang mengkonsumsi gula yang seharusnya itulah yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Sembelit: akibat melakukan ibadah puasa kita juga akan bisa jadi terkena Penyakit sembelit, yaitu sudah buang air besar.
  • Kadang Mual Atau Muntah: biasanya ini disebabkan karena kita kurang asupan makan, seperti tidak melakukan sahur dan kurangnya meminum air putih yang mampu mengembalikan ION tubuh kita.[12] maka dari itu untuk mengetahui itu, kita harus cek kesehatan kita ke dokter dahulu.

8. Berolahraga

Nah, ini adalah aktivitas jasmani yang jarang sekali orang lakukan, seiring masuknya era teknologi yang seperti ini, maka banyak juga bertambahnya kaum rebahan dirumah. Jangan kira ketika kita melakukan ibadah puasa dengan cara sering rebahan itu, semakin menguatkan badan kita, karena riset membuktikan bahwa memang orang yang sering rebahan stamina mereka hanya sedikit yang berkurang akan tetapi, ada efek samping nya juga, diantara nya adalah:
  • Resiko bertambah nya Obesitas.
  • Sendi sendi dalam tubuh akan menjadi kaku.
  • Bisa menyebabkan rentan mengalami Depresiasi.
  • Beresiko datangnya Serangan Jantung.
  • Bisa menyebabkan Stroke.
  • Kebiasaan malas bergerak.[13]
Alangkah baiknya jangan membiasakan diri untuk selalu rebahan sebelum masuk bulan suci ramadhan, sebaik banyak banyak olahraga, agar tubuh makin kuat dan agar tidak mudah sakit.

9. Bersihkan Area Rumah

Segera dan sering seringlah anda membersihkan area rumah anda, sebelum anda melakukan puasa, karena ketika sudah masuk bulan puasa, maka aktivitas kita diluar rumah akan berkurang, sebab mungkin diri kita lebih sering melakukan ibadah ibadah kita didalam rumah.

Sebab melakukan itu, juga menjadi salah satu olahraga kita, agar badan kita selaku tergerak dalam aktivitas, dan ada kemungkinan besar nya juga, yaitu diri kita akan terjauhi dari penyakit akibat tidak berolahraga seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

10. Mengqoda' Puasa Sebelumnya

Mengqoda' puasa adalah perkara buang wajib kita lakukan dengan sebab ada puasa yang pernah kita tinggalkan akibat sebab adanya udzur.

Mengqoda' puasa adalah perintah dari Allah, dan ini juga merupakan kemurahan dari Allah. Akan tetapi kita juga tahu cara mengqoda' puasa kita itu. Yaitu dengan acara:
  • Berniat mengganti puasa yang pernah ditinggal dengan melafazkan: 
  • نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى
  • Artinya: Aku berniat mengqada' puasa ramadhan besok, Lillahi Ta'alaa.
  • Kemudian jalankan puasa tersebut, sebagaimana kita menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

11. Persiapkan Kesabaran

Yang penting dalam ibadah puasa yang haru kita jaga adalah kesabaran kita. Sebab sesuatu yang bisa membatalkan puasa itulah yang harus kita tahan, karena apabila kita melanggarnya maka kita berdosa. Sebab cara berpuasa itu, kita harus menahan segala apapun yang dilarang yang apabila kita melakukannya.

Sebab, Al Imam As-Suyuthi menjelaskan bahwa: Bulan Yang dipenuhi oleh kesabaran itu adalah bulan Ramadhan, Asal muasal sabar itu adalah Menahan, maka puasa dinamakan Sabar. Sebab didalam bulan puasa kita sabar menahan dari makan, minum dan senggama.[14]

Jadi memang lah bahwa didalam puasa itu kita harus bersabar. Agar dalam diri kita terbentuk jiwa yang bertaqwa kepada Allah Subhaanahu wa ta'alaa. semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates