input license here

Sebab Pacaran Itu Sangat Dilarang Dalam Agama Islam

Sebab Pacaran Itu Sangat Dilarang Dalam Agama Islam
Semakin berkembang nya era globalisasi ini, banyak hal hal baru yang bisa kita temukan, dan tidak jarang juga kita menemukan hal hal yang diharamkan dalam Islam kini kian terjadi dengan satu persatu. Yang paling populer dikalangan para remaja pada zaman sekarang adalah sebuah ikatan cinta cinta basi, yang penuh dengan Kedustaan semata dan hanya memenuhi hawa nafsu saja. Ya, yaitu adalah pacaran.
Mari kita bahas tuntas kenapa pacaran itu haram dalam Islam ini? Kenapa gak dibolehin aja?.

Pacaran adalah sebuah aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang yang berlawanan jenis, yang terjalin dalam bingkai cinta dan kasih, guna untuk melanjutkan hubungan dalam jenjang pernikahan. Sekilas anggapan ini benar, tapi ketahuilah, Islam tidak pernah mengajarkan cinta yang diawali dosa atau perkara maksiat seperti ini. Mari kita bahas!

Pacaran Kenapa Haram?

Dari sekian banyaknya ceramah dan diskusi pengajian, kenapa kita belum sadar sadar juga, padahal pacaran itu haram, tapi kenapa banyak orang yang masih mau mengerjakannya. Apa alasannya?.

1 - Pacaran Dilarang Oleh Allah

Satu ayat yang sering terdengar dalam telinga kita, yaitu ayat berikut ini:

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً.

Makna: Dan janganlah kamu sekalian mendekati kelakuan zina, sesungguhnya kelakuan zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.[1]

Didalam sebuah buku yang berjudul; "Meraih Berkah dengan Menikah", karya: M. Thobroni dan Aliyah A. Munir. Menjelaskan bahwa, ayat 32 surat Al-Isra ini, menunjukan bahwa kita dilarang mendekati hal hal yang membawa kita kedalam perkara zina, kelakuan yang berbau zina dan melakukan perkara zina itu sendiri, akan tetapi kita tidak dilarang untuk melakukan pergaulan antar sesama manusia.

Jawaban logik pada ayat tersebut adalah Allah menginginkan dalam jiwa manusia terbentuk jiwa yang ta'at dan taqwa yang kuat kepada Tuhannya. Banyak efek buruk yang akan diakibatkan jikalau kita tidak ta'at kepada Allah. Riset dan rangkuman informasi yang kami kumpulkan untuk menglogikan masalah ini diantaranya melalui ahli spikologi yaitu Dr. Vina Liliana, beliau menuturkan efek buruk yang akan timbul apabila kita melakukan pacaran, yaitu:
  • Ketika mendapatkan pasangan pacaran yang buruk, maka akan amat mudah sekali diri kita masuk pada tindak kriminal, seperti mengkonsumsi narkoba dan melakukan hubungan intim diluar nikah.
  • Mudahnya kemunculan emosi yang tidak bisa stabil, sehingga nantinya akan mudah sekali munculnya keributan dalam sebuah hubungan.
  • Amat mudah terbuai atau terjelembab kedalam lingkungan yang kurang baik.[2]
  • Akan timbulnya kekerasan fisik, karena orang yang terjalin dalam pacaran, mereka seperti orang yang sudah berkeluarga, sebab faktanya mereka berhak, membuat aturan, memerintah dan sebagainya.
  • Melakukan seks yang belum pantas dilakukan.
  • Mudah menjadi pribadi yang rapuh.
  • Mengurangi Konsentrasi, baik dalam belajar dan bekerja.
  • Menguras keuangan.[3]
  • Membuang waktu kepada hal yang sia sia.
  • Menurunkan keimanan kita kepada Allah.
  • Menambah dosa.
  • Mudah terjadinya perkelahian antar sesama.[4]
  • Sering terjadinya pengguguran kandungan/janin.
Ini adalah sebuah potretan kecil yang bisa kita gambarkan apabila kita melakukan pacaran, dan riset juga membuktikan bahwa, antara positif pacaran dengan kenegatifan dalam pacaran lebih banyak sisi negatifnya ketimbang dikalau kita lihat dari sisi positifnya.

2 - Larangan Pacaran Dalam Hadist

Pacaran bukan hanya dilarang untuk dilakukan, tapi cinta yang sesungguhnya itu timbul dari Ridha Allah bukan dengan cara melakukan sesuatu yang membuat Allah murka kepada kita, itulah cinta yang sesungguhnya. Maka dari itulah tidak pantas bagi seseorang yang mengaku beriman, tapi ia selalu membuat Allah murka kepada nya. Salah satu contohnya yaitu berduaan dengan seseorang yang belum halal baginya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ مَعَ ذِى مَحْرَمٍ

Makna: Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita kecuali jika bersama mahromnya (seseorang yang sudah dinikahi).[5]

Pada hadits tersebut, membawa kesan kepada kita semua bahwasanya, kita harus memuliakan orang yang kita cintai yaitu berupa jangan kita ajari atau kita ajak dia untuk melakukan maksiat kepada Allah Subhaanahu wa ta'alaa, yaitu seperti diajak berduaan, baik secara langsung atau lewat Vidio Call. Salah satu tujuan Islam menetapkan hal demikian, ini sudah dibuktikan oleh para ahli spikologi, yaitu efek buruk yang akan dialami apabila kita sering berduaan, diantaranya adalah:
  • Mudah merasa bosan dengan pasangannya sendiri: efek buruk ini akan timbul ketika kita selalu berduaan ketika masih dalam lingkup pacaran, karena faktanya segala hal sudah pernah terjadi dalam pacaran, sehingga ketika ia menikah maka hanya hal hal kecil yang akan mereka lakukan.
  • Sulit menyelesaikan Masalah: ini juga akan menjadi efek yang sangat buruk bagi mereka yang sering berduaan ketika fase pacaran, karena perjuangan untuk menyelesaikan masalah itu akan menurun diakibatkan dengan rasa bosan. Sehingga pasangnya akan mudah berfikir untuk melakukan perceraian.
  • Datangnya rasa tidak memiliki kebebasan: ini akan dialami oleh mereka yang sering berduaan dengan pasangan haram mereka, baik yang berduaan melalui video call atau langsung, sebab nantinya pasangan nya akan selalu ingin ditemani, sehingga hubungan antar teman atau keluarga akan berkurang keharmonisannya.[6]
Dan dalam sebuah hadits juga diterangkan, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda:

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

Makna: Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya.[7]

Selain dampak yang telah kami sebutkan diatas, ternyata dari sekian banyaknya hak hak yang menjerumuskan manusia ke dalam perkara zina melalui pacaran adalah, mereka yang sering berduaan. Karena faktanya adalah kebanyakan dari pengakuan para wanita yang hamil diluar nikah sebab pacaran, yaitu asal mulanya adalah melakukan hubungan yang erat lewat berdua-duaan. Hal ini terbongkar karena yang mengajaknya adalah syetan. Yang membujuk manusia lewat keindahan. Baik itu keindahan, badannya, suaranya atau hal lainnya.

Maka dari itu dari sekian banyaknya penjelasan tadi, maka mustahil ada didalam agama Islam ini yaitu pacaran Syar'i atau pacaran Islami. Karena diukur dari segi negatifnya yang begitu banyak yang ditimbulkan dari pacaran itu sendiri. Jadi, silahkan anda berpacaran, asalkan setelah menikah. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

لَمْ نَرَ لِلْمُتَحَابَّيْنِ مِثْلَ النِّكَاحِ

Makna: Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang saling mencintai semisal pernikahan.[8]

Dari hadits tersebut kita semua bisa tahu. Bahwa cinta yang betul betul murni, bersih dan suci, hanya ada dalam pernikahan yang telah diatur oleh islam. Jadi janganlah bangga ketika anda ditanya berapa banyak mantan anda! Itu sudah menunjukan kehinaan diri anda, karena anda murah, barang murah memang banyak yang meminati nya. Beda halnya dengan yang super mahal, jangankan dimiliki disentuh saja sulit.

Seputar Efek Buruk Dari Pacaran

Tidak sedikit dari berbagai banyaknya insiden yang sangat tidak pantas dilakukan oleh para remaja yang sedang berpacaran yaitu mengakhiri hidup mereka, yang mana diantara telah kami rangkum sebagaimana berikut ini.

1 - Bunuh Diri

Rangkuman dari beberapa sumber, fakta yang mengejutkan kita semua, akibat dari pacaran:
  • » Jiah Khan: dia adalah seorang artis Bollywood yang masih memiliki usia yang muda, sekitar pada umur 25 tahun ia mengakhiri hidupnya, dengan cara mengantungkan diri dikediaman pribadinya, disebabkan ia merasa Frustasi terhadap pacaranya sendiri yaitu Sooraj Pancholi. Ia menghembuskan nafas terakhir, pada 3 Juni 2013.[9]
  • » Sam Cheung: dia adalah seorang mantan dari seorang finalis Miss dari Hongkong yaitu Jessica Liu, yang menjadi sebab ia mengakhiri hidupnya adalah Jessica Liu mengkhianati cintanya, karena faktanya ia ingin membangun keluarga dengan si Jessica.[10]
  • » Sushant Singh: merupakan seorang artis yang terkenal di India dimasanya. Akan tetapi ia lebih memilih mengakhiri hidupnya, karena ia merasa kehidupannya hancur sebab menjalin hubungan asmara dengan Rhea Chakraborty. Hal ini diperkuat dengan pernyataan pengacara Sushant. Karena hubungan mereka kandas sebab adanya konspirasi dari rhea untuk menghancurkan finansial dan mental Sushant.[11]
  • » Adi Widiantara: dia merupakan anak sekolahan SMAN dari Bali, kasus ini bunuh diri yang ia lakukan, yaitu lompat dari lantai 3 tersebut, ia lakukan karena ia merasa cinta kandas dengan seorang wanita yang ia cinta, sebab hanya gara gara temanya memajang Poto kekasihnya diprofil sebuah chat.[12]
  • » Georgia Brodrick: merupakan seorang wanita cantik dan memiliki profesi sebagai penari dinegara Australia. Insiden yang ia alami adalah lompat dari balkon lantai 8, yang mana karena hal tersebut, ia harus menghembuskan nafas terakhir nya dirumah sakit Alfred. Ia kesal karena selalu diselingkuhi dan disiksa dengan kekerasan fisik oleh pacarnya sendiri.[13]


2 - Dibunuh oleh Pacarnya

  • » Lyndsey Vaux: merupakan seorang remaja yang sudah menjalin hubungan asmara sejak umur 16 tahun, tapi perjalan cinta tidak semulus yang ia kira, karena selama hubungan tersebut ia disiksa habis habisan oleh Pacarnya, dan dibunuh ditempat ia disiksa oleh sang pacar yaitu Becky Reid. Diberitakan ada 90 luka memar dibagian tubuhnya lynsey.[14]
  • » Ari Pratama: ia merupakan seorang YouTuber dan bergelut dalam bidang content creator lainnya. Ia dibunuh oleh pacaranya sendiri yang berinisial AS, ia ditikam oleh pacarnya sendiri disebuah hotel. Motifnya simple hanya karena takut ditinggal pergi.[15]
  • » Linda: dia adalah seorang Mahasiswi S2 Fakultas Hukum Universitas Mataram. Ia ditemukan tidak bernyawa diventilasi rumahnya dengan keadaan gantung diri. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata ia bukan gantung diri dengan kemauannya sendiri, melainkan ia digantung oleh pacarnya sendiri, karena si Linda ini hamil semenjak menjalin hubungan gelap (pacaran) dengan nya.[16]
  • » Agustina: merupakan seorang gadis asal Kalimantan barat, yang dibunuh oleh pacarnya sendiri hanya karena ingin memiliki, motor dari Agustina tersebut.[17]
Dari sekian banyaknya insiden tadi, ternyata yang paling banyak menjadi korbannya adalah kaum perempuan, jadi jauhi anak anak anda terlebih yang perempuan, agar tidak mudah masuk ke dunia pacaran yang penuh dengan Kedustaan dan kebohongan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates