input license here

Cara Meningkatkan Kekuatan Pikiran

Otak manusia memiliki kemampuan untuk mengingat apapun yang ia hafalkan, atau yang baru saja menimpa dirinya, karena faktanya otak manusia bisa dikembangkan atau bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menumbuhkan sel sel baru dengan cara terus menerus menstimulasi otak dan organ tubuh.[1]

Otak merupakan tempat berkumpulnya sistem saraf yang memiliki volume sekitar 1.340cc dan didalamnya terdapat lebih dari 100.000.000 (seratus juta) sel saraf aktif, yang membantu pekerjaan manusia dalam setiap aktivitas nya.[2,3] maka dari itu perlu untuk kita semua, agar selalu meningkat kekuatan dari otak kita.

Cara Meningkatkan Kekuatan Pikiran

Cara Meningkatkan Kekuatan Pikiran
Penting sekali bagi kita semua untuk tahu akan penting cara mengembangkan atau meningkatkan kinerja dari otak kita, supaya pemikiran kita juga semakin kuat kedepannya. Cara yang harus anda pelajari dulu adalah dengan cara melatih otak.

1. Pelajarilah keterampilan yang baru

Dengan cara mempelajari keterampilan yang baru, anda tidak secara langsung telah menantang otak anda untuk melakukan hal yang baru, yang belum pernah anda coba sebelumnya. Ini juga sangatlah penting untuk meningkatkan fungsi kognitif anda.
  • Mempelajari bahasa baru juga mampu meningkatkan kognitif pada otak anda, karena otak akan dipaksa untuk mengingat dan memikirkan tentang apa yang akan dia katakan dengan bahasa barunya tersebut.
  • Mencoba melakukan aktivitas baru atau hobi baru juga sangat membantu untuk menjaga keseimbangan otak, selain itu juga sangat penting untuk menjaga anda agar tetap lebih prima. Seperti: mengikuti kelas membaca, menjahit atau menulis.
  • Bermainlah dengan permainan yang melatih otak anda, agar tetap selalu berfikir dan menantang otak anda agar selalu bekerja, misal: bermain catur dan puzzle.[4]

2. Selalu munculkan rasa keingintahuan

Janganlah selalu berfikir tentang menerima sesuatu dengan apa adanya, sebaiknya yang anda lakukan adalah mencari tahu atau bahkan bertanya mulai dari hal yang mendasar sampai yang detail.[5]
  • Carilah sesuatu yang baru dengan kesengajaan anda sendiri, melakukan hal ini nantinya akan meningkatkan cara berfikir anda, dan tentunya ini juga amat baik untuk memperkuat otak anda, sebab otak anda sudah berfikir kepada sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

3. Sering Membaca Buku

Salah satu aktivitas yang melibatkan otak dan imajinasi adalah membaca buku, sebab otak akan merangsang sesuatu yang baru, mulai dari orang, tempat, makan, bahkan ide sekalipun.
  • Untuk meningkatkan kekuatan otak anda dalam berfikir adalah, carilah baca pada buku yang sekiranya anda tertantang untuk terus membacanya. Seperti: mulai dari mencari kosakata nya, kontennya dan idenya.

4. Kerjakan Puzzle dan Permainan otak lainnya

Kami sudah menjelaskan ini diatas, akan tetapi untuk meningkatkan kualitas kami akan jelaskan lagi.[6]
  • Carilah game atau permainan yang dibuat untuk melenturkan dan menjaga kesehatan otak anda.
  • Teka teki silang merupakan game lama yang banyak juga peminat nya sampai saat ini, karena game ini memang dibuat untuk melatih otak agar berfikir.
  • Jalur yang paling alternatif untuk bisa mengembangkan otak kita adalah dengan cara menggunakan media sosial sebagai multifungsi untuk menambah power dari otak, yaitu dengan cara mempelajari atau mencari game yang bisa melatih otak anda, ketimbang anda menghabiskan waktu hanya untuk sesuatu yang tidak penting bagi diri anda.

5. Fokus Dan Tinjau Ulang

Carilah topik atau sesuatu yang menantang otak anda. Buatlah komitmen yang membuat anda menjadi lebih fokus belajar dan meningkatkan pikiran. Kalau anda sudah temukan maka fokuskan pada hal itu saja dan ingatlah itu dalam otak anda.
  • Meninjau ulang segala macam informasi yang sudah dicerna oleh otak, dapat membantu untuk meningkatkan gaya berpikir anda, sebab, memori kita nantinya akan menyesuaikan dengan topik yang terus kita tinjau ulang. Ini nampaknya adalah suatu hak yang sepele, tapi perlu diingat, cara ini adalah cara paling logik untuk meningkatkan kekuatan pikiran.

6. Catatlah Informasi Dengan Lengkap

Banyak orang yang menyepelekan hal tersebut, tetapi faktanya adalah riset telah menunjukan kepada kita semua, ketika kita mencatat sesuatu informasi dengan lengkap tanpa adanya singkatan didalamnya, itu sangat membantu anda untuk memasukan informasi tadi dengan mudah kedalam memori anda.[7]
  • Gambaran kecilnya adalah seperti dalam kasus pembunuhan, anda telah mencatat semua informasi yang ada dan barang bukti, mulai dari jejak kaki, hasil kamera cctv, alat yang digunakan dan sebagainya. Itu merupakan bukti kuat daripada bukti yang hanya diperlihatkan kepada pihak kepolisian yaitu berupa kata "saya menyaksikan atau saya melihatnya".

7. Libatkanlah seluruh panca indera anda

Apakah anda mengira, otak adalah tempat penghafal? Kalau anda berfikir demikian anda salah besar, faktanya adalah otak hanyalah tempat menyimpan hafalan dan yang menginformasikan itu semua adalah panca indera kita.[8]
  • Contohnya: seperti bau kemenyan, apakah otak bisa menggambarkan bau? Jelas tidak, melainkan otak kita bisa hafal dengan berbagai macam bau yaitu melalui panca indera kita yakni hidung kita. Dalam kata lain semakin banyak kita menggunakan panca indera kita untuk mengetahui sesuatu maka akan semakin mudah kita mengingat dan itu juga amat berfungsi untuk memperkuat pikiran kita.

Memelihara Kesehatan Otak

Karena kita telah mengenal tentang cara meningkatkan kekuatan pikiran, maka juga perlu kita tahu, cara memelihara otak agar selalu sehat, supaya nantinya kekuatan pikiran kita tidak terganggu.

1. Berhenti dari merokok

Salah satu efek dari kita sering merokok adalah, berkurangnya fungsi kognitif kita dan bahkan bisa menyusutkan ukuran hipokampus pada bagian otak kita.[9]
  • Bahkan adalah juga dari beberapa hasil penelitian yang telah membuktikan, bahwa seringnya merokok juga dapat menyebabkan berkurangnya fungsi pada ingatan kita, perencanaan dan kemampuan mental.[10]

2. Memakan makanan yang baik

Sebetulnya otak itu bekerja dengan adanya bantuan dari makanan yang kita cerna, bukan hanya dengan kerja kita untuk memaksa otak untuk bekerja.
  • Memakan makanan seperti kacang walnut dan ikan, yang makanan lainnya yang mengandung omega-3 yang tinggi mampu meningkatkan kecerdasan otak.[11]
  • Selain itu, memakan makanan yang mengandung magnesium juga mampu meningkatkan fungsi dari otak anda, agar bekerja dengan stabil.[12]
  • Kemudian, makan yang mengandung antioksidan juga sangat membantu untuk melindungi otak dari degenerasi. Makanan yang seperti ini, bisa anda temui pada buah-buahan dan sayuran.[13] bahkan riset juga membuktikan bahwa, semakin gelap warna nya, maka semakin tinggi juga kandungan antioksidan nya, seperti: Blueberry, blackberry dan plum.[14]

3. Mengatur waktu tidur yang cukup

Tentang masalah tidur, sepertinya anda tidak perlu untuk terus diingatkan kembali, akan tetapi aturlah jarak bangun dan tidur anda.
  • Riset membuktikan bahwa tidur yang baik dan menyehatkan bagian tubuh dan otak, adalah jangka waktu tidur yang 8-6 jam.

4. Melakukan Olahraga

Olahraga yang aktif dan teratur mampu meningkatkan tingkat diet anda bahkan mampu meninggikan mental anda.

Melakukan olah raga setiap hari mampu menghadirkan sebuah pemikiran tentang "olahraga baru apa yang harus anda lakukan?" Atau "olahraga apa yang belum pernah saya lakukan". Sering melakukan ini dalam setiap olahraga anda. Mampu meningkatkan kecerdasan anda.

Hemat kami adalah jagalah selalu kesehatan anda terutama yang dibagian pikiran anda, sebab jika itu rusak maka pengaruhnya akan sampai kebagian tubuh anda.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates