input license here

Cara Menjadi Kakak Kelas Yang Baik

Cara Menjadi Kakak Kelas Yang Baik. Pernahkah anda menjadi seorang kakak kelas disekolahan anda? Apa tanggapan mereka tentang anda? Apakah anda baik atau buruk.

Kakak kelas adalah kata yang digunakan kepada orang orang tertentu yang menjabat sebagai kelas yang paling tinggi disekolah. Seperti kelas 1 SMA maka kakak kelas mereka adalah kelas 3 SMA. Menjadi kakak kelas itu tidaklah gampang, karena mengemban banyak sekali tanggung jawab sekolah.

Berikut ada beberapa cara menjadi Kaka kelas yang baik, agar bisa disenangi oleh para adik kelas.

Cara Menjadi Kakak Kelas Yang Baik

Cara Menjadi Kakak Kelas Yang Baik

1. Rapikan baju disekolah

Untuk menjadi kakak kelas yang baik adalah awali pagi hari setiap masuk yaitu dengan menjaga pakaian. Jangan sampai anda berpenampilan yang tidak wajar saat pergi ke sekolah terlebih lagi ketika berpapasan dengan adik kelas kalian.

Penampilan yang perlu anda jaga adalah sebagaimana berikut ini:
  • Wajah tidak boleh kusam
  • Harus merapikan rambut, tidak boleh kusut
  • Masukan baju kedalam celana
  • Berpakaian yang bersih
  • Ta'ati aturan berpakaian disekolah.[1]
Semua ini harus anda jaga ketika sedang menjabat sebagai kakak kelas dan ingat! Bahwa kelas tertinggi saja yang layak dikatakan sebagai kakak kelas, yang berarti seluruh murid dikelas tertinggi adalah kakak kelas dan itupun termasuk anda.

2. Bersikap ramah kepada semua adik kelas

Kakak kelas harus selalu tampil ramah kepada semua adik kelas yang ada disekolah dan tidak boleh kasar kepada bawahannya.

Contohkan sikap yang baik kepada adik kelas anda, seperti:
  • Mengucapkan selamat pagi
  • Selamat datang dan kata kata penyemangat lainnya.
Gunanya melakukan hal ini adalah agar para siswa yang baru masuk menjadi betah disekolahannya dan akan senang untuk sekolah disana.[2]

3. Jangan bersikap senioritas

Jangan pernah menjadi kakak kelas yang sok berkuasa disekolah, karena kebanyakan para adik adik kelas enggan untuk ramah kepada kakak kelas yang demikian. Bersikap lah loyalitas kepada para kaum pelajar baru yaitu adik kelas anda dan tunjukan rasa solidaritas yang tinggi kepada mereka guna untuk ditiru oleh mereka.
  • Efek negatif dari bersikap senioritas adalah nantinya akan mudah timbulnya konflik permusuhan dan pertengkaran yang mengakibatkan timbulnya rasa dendam dan benci didalam hati. Hilangkan sikap yang demikian karena itu tidak akan membantu anda untuk menjadi kakak kelas yang baik.[3]

4. Tunjukan rasa membimbing dan mengayomi

Penampilan selanjutnya yang harus anda jaga adalah kepimpinan yang adil yaitu membimbing mereka dengan baik dan benar, baik disekolah atau diluar waktu sekolah.

Anda sebagai kakak kelas yang baik harus tetap memantau perkembangan kondisi adik adik kelas anda, jika mereka berbuat yang kurang baik maka harus anda cegah dan bimbing mereka agar menjadi lebih baik kedepannya. Kemudian yang lebih penting juga adalah mengayomi mereka, tugas kakak kelas adalah mengatur dan mendisplinkan adik adik kelas.
  • Hindari sering memarahi mereka.[4] karena mereka biasanya akan semakin bandel jika anda makin memarahi mereka.

5. Selalu Aktif Bersekolah

Jika anda ingin menjadi kakak kelas idaman para adik kelas anda, maka yang anda harus lakukan dan rutin adalah aktif disekolah. Selain menjadi idaman adik anda ini juga sangat amat berguna dan penting untuk memulai karir anda sebagai kakak kelas yang baik.
  • Jangan sampai anda menampilkan contoh yang tidak baik kepada adik adik kelas kalian, seperti: jarang masuk sekolah, tidak menuruti aturan sekolah dan melakukan hal hal yang unfaedah.

6. Jangan suka membully adik kelas anda

Kebanyakan para kakak kelas biasanya disekolah suka membully penampilan adik adik kelas mereka dan tidak segan segan juga mereka menyakiti hati adik kelas sendiri. Seharusnya, yang harus anda lakukan ketika menjadi kakak kelas adalah membimbing adik adik kelas yaitu dengan cara menunjukan sikap yang bijaksana yakni dengan cara menjaga ucapan yang kemungkinan besarnya akan menyakiti perasaan adik kelas.
  • Membully itu tidaklah baik dan harus anda jauhi sifat demikian jika anda ingin betul betul menjadi kakak kelas yang di idam idamkan oleh adik kelas.

7. Memiliki Kemampuan Lebih

Kakak kelas yang baik juga harus memiliki tingkat kecerdasan dan kepintaran yang lebih untuk bisa mengatur segala situasi disekolah. Para adik kelas akan segan kepada kakak kelas yang cerdas dan pintar serta tidak jarang juga mereka akan lebih menghormati dan menghargai kakak kelas yang demikian.
  • Milikilah sebuah prestasi yang dapat diceritakan kepada adik adik kelas anda agar menjadi sebuah motivasi yang dapat mereka teladani. Seperti: memenangkan kejuaraan antar sekolah, baik itu dari band, kesenian, masakan dan hal hal lainnya.[5]

8. Memiliki hati yang lemah lembut

Setiap kekasaran apapun itu adalah sebuah tindakan yang tidak baik. Begitupula untuk menjadi kakak kelas yang baik anda harus lemah lembut dan tidak mudah mengeluarkan kekerasan yang akan mengakibatkan hal buruk terjadi.
  • Tunjukan rasa kasih dan sayang anda kepada adik adik kelas anda disana, jangan sampai anda melakukan hal hal yang tidak berhubungan sekali dengan kebaikan. Bantu mereka dalam belajar, didik mereka dalam mewujudkan impian mereka, maka disitulah anda mungkin akan menjadi idaman para adik adik kelas anda.
Akhir: jadilah orang yang bisa menjadi panutan semua orang yaitu menjadi kakak kelas yang baik. Mungkin akan sangat sulit memulainya karena anda harus membuang segala macam sikap yang buruk sebelumnya. Tapi, asal ada kemauan pasti anda akan bisa menjadi Kakak idaman adik kelas anda.

Disusun oleh Staf Wipedia
Referensi
  1. https://ilmupedia.co.id/articles/cara-jadi-kakak-kelas-digilai-sama-adek-kelas/. Main Accese: 30 Agustus 2021
  2. https://ilmupedia.co.id/articles/cara-jadi-kakak-kelas-digilai-sama-adek-kelas/. Main Accese: 30 Agustus 2021
  3. https://www.idntimes.com/dian-arthasalina/5-trik-jadi-kakak-tingkat-yang-bijak. Main Accese: 30 Agustus 2021
  4. https://www.idntimes.com/dian-arthasalina/5-trik-jadi-kakak-tingkat-yang-bijak. Main Accese: 30 Agustus 2021
  5. https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/kakak-kelas-idaman/. Main Accese: 31 Agustus 2021
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates