input license here

Memahami Arti Cinta Tanah Air

Memahami Arti Cinta Tanah Air. Cinta kepada tanah air merupakan wujud dan bentuk kepedulian kita bersama terhadap negara kita sendiri. Ini penting untuk kita ketahui bersama yaitu kita harus peduli terhadap lingkungan negara kita sendiri dan memajukannya.

Mencintai Tanah Air Merupakan Bagian Dari Keimanan

Memahami Arti Cinta Tanah Air

Maksud Cinta Tanah Air

Menurut Sultan Hamengku Buwono X didalam karyanya yaitu sebuah buku yang berjudul "Merajut Kembali ke Indonesiaan Kita" yang dicetak pada tahun 2007 beliau mengungkapkan bahwa yang dimaksud sikap kita mencintai tanah air adalah: 'Cara kita berpikir, bersikap, dan bertindak yang bertujuan menunjukkan sebuah kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan diri kita terhadap bangsa'.[1]
  • Maksud beliau mengatakan demikian adalah kita harus selalu berfikir kedepan, tidak boleh diam dan terus bergerak untuk kejayaan negara kita sendiri yaitu Indonesia. Sebab, jika penduduknya saja sudah tidak memperdulikan negaranya sendiri lalu untuk apa para pejuang dan para pahlawan memerdekakan bangsa kita ini. Jangan sampai kebudayaan Indonesia raya kita ini diambil oleh penduduk asing atau sampai dirampas dengan semena mena tanpa adanya perjuangan dari kita sebagai penerus bangsa.
Kemajuan dan kesejahteraan sebuah bangsa tidak dilihat atau dinilai dari banyaknya penduduk warga negaranya, tetapi dinilai dari segi keperdulian dan keyolalitasan warganya. Jika suatu warga negara tidak peduli dengan negaranya sendiri, maka jangan harap bangsa itu akan makmur dan sejahtera. Karena, semakin peduli kita dengan negara kita sendiri maka disitulah masa depan kejayaan bangsa sudah bisa kita nilai sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Cinta Pada Tanah Air yaitu sebuah perasaan yang muncul dari hati sanubarinya seorang warga negara tujuan untuk mengabdi, menjaga, membela dan melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan dari luar.[2] hadirnya kita didalam negara ini bukan hanya untuk menjadi bagian dari warga negara saja! Melainkan kita hadir untuk menjaga eksistensi dari apapun yang ada dalam negara kita ini dan terus menerus mengembangkannya serta memperkenalkannya kepada dunia.

Cinta Pada Tanah Air Dalam Paham Agama Islam

Menurut PII (Portal Informasi Indonesia) secara keseluruhan yakni 87,2% seluruh warga negara Indonesia Agamanya adalah Islam.[3] ini menunjukkan bahwa kebanyakan kedaulatan dan menejemen Indonesia berdasarkan faham agama Islam. Dan ini juga tidak lepas dari fatwa fatwa Alim Ulama yang ada di tanah air ini.

Allah Subhaanahu wa ta'alaa berfirman:

وَلَوْ أَنَّا كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ أَنِ اقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ أَوِ اخْرُجُوا مِنْ دِيَارِكُمْ مَا فَعَلُوهُ إِلَّا قَلِيلٌ مِنْهُمْ

Makna: Dan Sesungguhnya jikalau Kami perintahkan atas (kepada) mereka: 'Bunuhlah diri kalian sendiri atau keluarlah kalian dari tempatmu (kampung/negara mu)', maka pasti niscaya mereka tidak akan mau untuk melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka saja.[4]
  • Pengertian: secara makna dzohiriyah saja sudah kita ketahui bersama bahwa kecintaan diri kepada negara itu pasti ada. Dan itupun berlaku kepada setiap warga ditiap tiap negara.
Mengenai ayat tersebut, Al Iman As-syaikh Wahbah AzZuhaili memberikan penjelasan sebagaimana berikut:

وفي قوله تعالى: "أو اخرجوا من دياركم"، إشارة صريحة إلى تعلق النفوس البشرية ببلادها، وإلى أن حب الوطن متمكن في النفوس ومتعلقة به، لأن الله سبحانه جعل الخروج من الديار والأوطان معادلا ومقارنا قتل النفس، فكلا الأمرين عزيز، ولا يفرط أغلب الناس بذرة من تراب الوطن مهما تعرضوا للمشاق والمتاعب والمضايقات

Makna: Dalam firman Allah Subhaanahu wa ta'alaa yaitu Lafadz 'أو اخرجوا من دياركم'; Atau keluarlah kalian dari kampungmu, ini merupakan sebuah isyarat jelas ketergantungan hati manusia dengan negerinya, dan bahwa cinta kepada tanah air adalah hal yang melekat di hati dan terikat dengannya. Oleh karnanya Allah Subhaanahu wa ta'alaa yang Maha Suci menjadikan bahwa keluar dari kampung halaman dan tanah air sebanding dengan bunuh diri, dan kedua hal tersebut sama beratnya, kebanyakan orang takkan rela melepas sedikitpun tanah dari negrinya meski mereka dihadapkan dengan penderitaan, ancaman dan juga gangguan.[5]
  • Pengertian: seorang warga negara yang baik tidak akan pernah berkhianat kepada negaranya sendiri dan bahkan rela memilih mati demi melindungi negara. Orang orang yang cinta tanah air tidak akan mau untuk menjatuhkan negara sendiri demi segala apapun.
  • Sebagaimana yang sudah kami jelaskan ditempo dulu, bahwa loyalitas itu sangat penting untuk menjaga sebuah negara dari berbagai macam serangan yang musuh masukkan kedalam negara kita. Dan apabila itu terjadi, maka hati seorang warga negara yang baik akan selalu mempertahankan negara mereka sekalipun nyawa menjadi taruhannya.
Dibentuk nya sebuah negara bukan hanya untuk menunjukkan bahwa ia berkuasa atas daerah daerah tersebut, tetapi dibentuk nya negara tidak lain untuk menghasilkan perubahan untuk dunia, yaitu lewat pendidikan agamanya, lewat budayanya, dan melestarikan lingkungan hidup negara yang terombang-ambing oleh parasit yang bisa meracuni akal dan moral negara.
  • Akhir: Arti dari cinta tanah air adalah kita menjaga negara berdasarkan peraturan yang sudah ditentukan syariat, yaitu dengan menjunjung tinggi nilai nilai Islamiyah yang ber-aqidahkan Ahli Sunnah Wal Jama'ah. Karena didalamnya terdapat banyak sekali para pahlawan pahlawan yang baru saja lahir untuk merubah masa depan menjadi lebih baik.

Disusun oleh M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.
Referensi
  1. ^https://www.m.tribunnews.com/amp/pendidikan/2021/02/20/apa-itu-sikap-cinta-tanah-air-berikut-pengertian-dan-cara-menanamkannya. "Main Accese: 19 Agustus 2021".
  2. ^https://indomaritim.id/pengertian-cinta-tanah-air/. "Main Accese: 19 Agustus 2021.
  3. ^https://indonesia.go.id/profil/agama. "Main Accese: 19 Agustus 2021".
  4. ^Quran Surah AnNisa, Ayat ke: 66
  5. ^Kitab: Tafsir Al-Wasith, Juz: 1, Halaman: 342
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates