input license here

Cara Memberikan Saran Terbaik Kepada Teman Yang Sedang Sedih

Disusun bersama Dawson McAllister.
Cara Memberikan Saran Yang Terbaik Kepada Teman. Kami menyadari bahwa bahkan orang dengan niat terbaik sekalipun tidak selalu tahu bagaimana memberikan nasihat dengan cara yang efektif, dengan cara yang benar-benar akan didengar dan diterima oleh orang lain.

Pernahkah Anda mencoba memberi nasihat kepada seseorang, tetapi mereka mengabaikan Anda atau benar-benar marah kepada Anda? Maka kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang cukup efektif untuk memberikan saran kepada teman anda.

Cara Memberikan Saran Yang Terbaik Kepada Teman Yang Sedang Sedih

Cara Memberikan Saran Yang Terbaik Kepada Teman Yang Sedang Sedih

Mendengarkan Keluhan Mereka

Ini sangat penting. Kecuali seseorang merasa didengar dan dipahami, mereka tidak akan pernah mempercayai nasihat yang Anda berikan kepada mereka, jika anda tidak mendengarkan Keluhan mereka terlebih dahulu.

Anda harus meluangkan waktu untuk mendapatkan pemahaman tentang seba dari mana mereka kok bisa begini Ndan begitu. Ajukan pertanyaan kepada mereka untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar ingin membantu mereka.
  • Kemudian nyatakan kembali kepada mereka tentang apa yang Anda dengar mengenai mereka katakan dengan secara ringkas saja, contoh; "Jadi apa yang saya dengar akhir akhir ini mengenai Anda tentang (pokok bahasan) Benarkah?".
Dengan menggunakan metode ini, nantinya mereka akan faham dan mengerti bahwa anda ingin membantu mereka.
  • Saran: datanglah disaat dan diwaktu yang tepat, seakan akan pada saat itu, teman anda memang betul-betul memerlukan sebuah bantuan.[1]

Berikan Semangat Kepada Mereka

Ini adalah langkah penting lainnya yang tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Sebelum memberikan saran apa pun kepada teman anda, dorong mereka dengan cara tertentu. Beri tahu mereka bahwa Anda percaya pada mereka yakni pasti mereka bisa melewati rintangan ini, atau dorong mereka bahwa ada bantuan yang tersedia yaitu anda sebagai teman mereka.
  • Jika Anda memulai dengan sebuah dorongan terlebih dahulu, mereka mungkin sedang terjebak di tempat yang begitu negatif sehingga mereka tidak memiliki harapan akan hal-hal yang selalu berubah.
Dan kemudian, ketika Anda menawarkan nasihat kepada mereka, mereka mungkin tidak percaya bahwa mereka mampu bertindak berdasarkan semua itu. Namun, menawarkan dorongan membuka pintu menuju HARAPAN dan mempersiapkan mereka untuk siap mendengar apa yang Anda katakan. Jadi temukan SESUATU untuk mendorong mereka.
  • Anda bisa fokuskan bahsan pada kesuksesan masa lalu atau potensi yang mereka miliki. Atau ini beberapa contoh lainnya; ”Ini adalah langkah awal yang penting untuk menunjukkan perjuangan Anda, yakinlah bahwa ini takkan lama”, "Anda tidak sendiri." "Ada orang yang bisa membantumu dan aku juga di sini untukmu".[2]

Menasehati Dengan Bijak

Cara terbaik untuk memberikan nasihat adalah dengan melibatkan mereka dalam memutuskan apa yang harus mereka lakukan dan mempengaruhi pemikiran mereka secara positif.

Keterlibatan ini penting Agar orang-orang biaa menerima saran apa pun yang Anda berikan kepada mereka, mereka harus terlibat dalam diskusi dan keputusan, antara anda dan mereka.

Jika Anda bisa membuat mereka sampai pada keputusan tentang apa yang harus mereka lakukan sendiri setelah nya ... sehingga mereka menemukan jalan mereka sendiri, mereka akan jauh lebih berkomitmen pada keputusan dan lebih mungkin untuk menindaklanjutinya serta akan lebih mudah untuk mengikuti saran anda.

Selama bertahun-tahun saya berbicara dengan orang-orang, saya telah menemukan bahwa sebagian besar waktu mereka tahu hal yang benar untuk dilakukan, mereka hanya membutuhkan seseorang untuk mengkonfirmasinya untuk mereka:
  1. Tanyakan kepada mereka apa yang telah mereka lakukan untuk mencoba memperbaiki situasi mereka dan mengapa itu mungkin membantu atau tidak.
  2. Tanyakan kepada mereka apa lagi yang menurut mereka dapat membantu.
  3. Tawarkan saran Anda sendiri dan tanyakan pendapat mereka tentang ide itu.
Mempengaruhi – Saat mereka memunculkan ide, Anda dapat memengaruhi mereka menuju atau menjauh dari apa yang mereka pikirkan berdasarkan apakah itu keputusan yang baik atau tidak dengan mengajukan lebih banyak pertanyaan. Pertanyaan seperti ini sering membantu dalam mempengaruhi keputusan mereka:
  1. Menurut Anda apa yang akan terjadi jika Anda melakukan ini?
  2. Menurut Anda bagaimana perasaan Anda jika mengambil keputusan itu?
  3. Mengapa menurut Anda itu ide yang bagus?.[3]

Berdoa untuk mereka dan bersama mereka pada saat itu

Saya percaya bahwa dengan kuasa Tuhan segala sesuatu akan mungkin terjadi. Situasi apa pun dapat diselesaikan, kecanduan apa pun yang rusak bisa diperbaiki, hati apa pun yang diperbaiki akan menjadi kuat, kesalahan apa pun dapat diperbaiki.

Mungkin tidak segera dan mungkin tidak seperti yang kita pikirkan, tetapi Tuhan menyuruh kita untuk membawa permintaan kita kepada-Nya.
  • Jadi berdoalah dan biarkan mereka mendengar Anda berdoa! Jangan khawatir tentang apa pun; sebaliknya, berdoalah tentang segala hal. Katakan kepada Tuhan apa yang Anda butuhkan, dan berterima kasihlah padanya untuk semua yang telah dia lakukan.[4]

Referensi
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates