input license here

Cara Mengendalikan Diri Ketika Orang Tua Lebih Perhatian Kepada Saudara Anda

Cara Mengendalikan Diri Ketika Orang Tua Lebih Perhatian Kepada Saudara Anda. Jika Anda memiliki saudara kandung, maka Anda mungkin pernah merasa cemburu pada satu titik atau lainnya. Mungkin sulit bagi orang tua untuk membagi waktu secara merata di antara anak-anak, yang dapat membuat Anda merasa dilupakan jika sepertinya saudara Anda disukai.

Maka dibawah ini ada beberapa tips ini jika Anda merasa diabaikan oleh orang tua anda.

Cara Mengendalikan Diri Ketika Orang Tua Lebih Perhatian Kepada Saudara Anda

Cara Mengendalikan Diri Ketika Orang Tua Lebih Perhatian Kepada Saudara Anda

1. Bicaralah Dengan Orang Tuamu Secara Baik Baik

Ini mungkin tampak seperti jawaban yang jelas, tetapi kemungkinan besar akan berhasil!
  • Undang orang tua Anda ke kamar Anda dan duduklah dengan nyaman di tempat tidur Anda dan berikan tempat yang layak kepada orang tua anda agar orang tua anda merasa betah berlama lama disana. Membicarakan perasaan Anda mungkin menakutkan bagi diri anda sendiri, tetapi komunikasi itu sangat penting, terutama kepada orang-orang terdekat Anda.
  • Orang tua Anda tidak akan pernah tahu bahwa Anda kesal jika Anda tidak memberi tahu mereka. Jangan pernah ragu untuk mengungkapkan nya, karena setiap orang tua pasti akan faham dan mengerti tentang perasaan anda sebagaimana mereka mengerti tentang perasaan mereka sendiri.
Jadi, siapkan diri anda dan berusahalah jujur dan terbuka ketika anda melakukannya.

2. Bicaralah Dengan Saudara Anda

Yang ini mungkin lebih canggung daripada berbicara dengan orang tua Anda, tetapi bisa sama efektifnya ketika anda menggunakan cara yang pertama.

Bicaralah dengan adik anda secara baik baik dan jangan memarahinya. Memang seorang adik akan lebih cenderung tunduk kepada kakaknya tetapi sebagai manusia biasa adik anda perlu juga dimanusiakan.
  • Ungkapkan perasaan anda kepada adik anda ketika anda dihiraukan oleh orang tua anda, disitulah adik anda nantinya akan mengerti bahwa tindakan orang tua kepadanya selama ini memang berlebihan dan salah. Anda tidak pernah tahu apakah saudara Anda mungkin mengalami sesuatu yang membutuhkan lebih banyak perhatian orang tua Anda daripada biasanya. Ini sangat membantu untuk memahami semua sisi cerita. Siapa tahu? Adik Anda mungkin merasakan hal yang sama seperti Anda! Dan nantinya ia akan mulai mengerti akan situasi yang sedang anda alami, sehingga adik anda nantinya akan merubah sikap dan perilaku sesuai dengan kebutuhannya.

3. Membuat Jadwal Menyenangkan

Jika Anda merasa diabaikan, cobalah untuk menjadwalkan beberapa kegiatan yang menyenangkan bersama orang tua Anda. Sekalipun itu hanya berpelukan di sofa dan menonton film, sedikit waktu untuk menjalin ikatan dapat membantu Anda merasa jauh lebih baik.
  • Pastikan anda sudah mengatur waktu untuk untuk orang tua Anda secara individu, dan untuk seluruh keluarga bersama-sama. Dan yang tidak boleh anda lakukan adalah melakukan tindakan pilih kasih, karena dampaknya adalah kemungkinan besar adik anda anda bertindak seperti anda yang sekarang ini.
Cobalah menjadwalkan waktu yang efesien dan relevan dengan kebutuhan anda.

4. Mencatat Semua Perasaan Dibuku Anda

  • Jika anda ingin berbicara langsung kepada orang tua Adan mengenai keadaan anda, maka catatlah terlebih dahulu sesuatu yang anda memang harus ungkapkan kepada mereka. Dengan menggunakan cara ini nantinya anda akan tahu, apa yang harus anda katakan dan apa yang tidak perlu anda katakan kepada mereka.
Ungkapkan seluruh perasaan anda disana, dan buatlah garis besar dibawah tulisan yang berkaitan dengan perasaan anda, anda semestinya tidak perlu mencatat semuanya anda hanya mencatat beberapa hal yang bisa membantu anda menjadi keadaan yang normal.
  • Akhir: setiap orang tua itu berbeda, fahami mereka dari satu titik yang berbeda. Jangan lihat mereka dengan sebelah mata, kemungkinan nya adalah orang tua anda memiliki maksud yang berbeda dan tidak seperti apa yang anda bayangkan tentang mereka.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates