input license here

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Disusun bersama Dr. Cynthia Cobb, DNP, APRN, WHNP-BC, FAANP.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah. Jerawat adalah mimpi buruk bagi setiap remaja, dan terkadang bisa juga meluas hingga fase dewasa. Apakah Anda pernah mengalami gejala jerawat yang parah yang meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang? Maka kami punya solusinya untuk anda sekalian.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

1. Menggunakan Perawatan Laser

Laser dikhususkan untuk pembuluh darah saja, ia menargetkan pembuluh darah dan dapat membantu meringankan bekas luka datar atau yang menonjol yang berwarna merah muda atau ungu serta dapat membantu meratakan bekas luka yang terangkat.

Dokter spesialis kulit juga sering menggunakan 'laser ablatif fraksional' atau 'karbon dioksida' untuk mengobati bekas jerawat. “Setelah itu, kulit bengkak dan merah, dan mungkin berdarah, hingga lima hari,” kata Dr. Kassouf. "Juga, Anda mungkin perlu antara tiga dan lima sesi perawatan."

Namun, perawatan laser tidak cocok untuk semua orang, karena keberhasilannya sebagian besar bergantung pada jaringan parut jerawat yang dimiliki seseorang dan jenis kulitnya. Perawatan ini juga dapat menyebabkan reaksi pada beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif.

Perawatan laser tidak hanya untuk jerawat. Dokter juga menggunakan laser untuk mengobati jenis jaringan parut lainnya — termasuk bekas luka bakar, kanker kulit, dan penghapusan tato.[1]

2. Gunakan Metode Chemical peeling

Dokter spesialis kulit Anda mungkin akan lebih sering menggunakan larutan kimia ke kulit ada. Maka pengaruh nya adalah dapat menyebabkannya melepuh dan akhirnya terkelupas, menciptakan kulit baru yang beregenerasi yang biasanya lebih halus daripada kulit lama.

Mengupas biasanya menyebabkan kemerahan, dan terkadang bengkak dan luka dingin, hingga tujuh hari. Dan sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat serta kulit baru anda akan muncul sebab pengelupasan.

Perawatan ini juga lebih murah karena Anda biasanya hanya membutuhkan satu sesi perawatan. “Laser lebih tepat, jadi jika pengelupasan kimia tidak berhasil, orang sering mencoba laser,”.[2]

3. Lakukan Microneedling

Juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, microneedling menggunakan rol jarum halus atau alat pena untuk membuat lubang kecil di lapisan atas kulit.

Prosedur ini merangsang produksi kolagen, yang membantu memperbaiki garis-garis halus dan tekstur kulit. Kemerahan terjadi sesudahnya dan biasanya berlangsung beberapa hari.

Kebanyakan orang akan membutuhkan empat hingga enam perawatan microneedling untuk hasil terbaik. Dokter Anda mungkin menggunakan lebih dari satu jenis perawatan, tergantung pada kebutuhan Anda.

Misalnya, mereka mungkin mengobati beberapa bekas luka dengan laser dan lainnya dengan microneedling. “Ketika Anda memiliki kulit yang rusak, tidak ada perawatan yang akan membuatnya terlihat sempurna kembali,” kata Dr. Kassouf. "Tapi, tergantung pada tingkat keparahannya, bekas jerawat bisa berkurang sebanyak dua pertiga setelah perawatan."[3]

4. Menggunakan Asam alfa hidroksi

Asam alfa hidroksi (AHA) dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Dokter mungkin merekomendasikan AHA untuk mengobati jerawat dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

AHA adalah bentuk asam ringan yang mengikis lapisan luar kulit untuk memperlihatkan kulit baru yang segar di bawahnya. Proses ini dapat membantu dengan perubahan warna karena jaringan parut.[4]

5. Menggunakan Asam laktat

Asam laktat dapat bertindak sebagai pengelupasan yang lembut untuk menarik sel-sel kulit mati. Ini dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka dan menghaluskan tekstur kulit secara keseluruhan.

Asam laktat juga dapat membantu meringankan jaringan parut yang gelap, meskipun terkadang menyebabkan hiperpigmentasi. Karena kemungkinan efek samping ini, yang terbaik adalah menguji produk yang mengandung asam laktat pada sepetak kecil kulit sebelum menggunakannya untuk mengobati jaringan parut jerawat. Banyak produk untuk jerawat mengandung asam laktat.

Ini juga terdapat dalam cuka sari apel encer, yang membuat perawatan lebih alami dan hemat biaya.[5]

6. Manggunakan Obat alami

Banyak orang menggunakan pengobatan alami untuk membantu menghilangkan bekas jerawat, tetapi tutorial yang banyak bertebaran kebanyakan tidak jelas. Beberapa dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut atau masalah lain sehingga orang harus menggunakannya dengan hati-hati.

Pengobatan rumahan yang secara tradisional digunakan orang untuk mengobati bekas jerawat meliputi:
  • minyak kelapa
  • mentega shea
  • gel lidah buaya
  • madu mentah
  • soda kue
  • jus lemon.[6]

7. Menggunakan Asam salisilat

Asam salisilat adalah senyawa alami yang sering menjadi bahan dalam produk perawatan kulit jerawat. Asam salisilat membantu membersihkan kotoran, sel-sel kulit, dan kotoran lain yang menyebabkan jerawat dari pori-pori kulit.

Ini juga membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di area tersebut, yang dapat meminimalkan munculnya jaringan parut.

Asam salisilat bermanfaat untuk semua jenis bekas luka. Itu membuat tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit harian bagi kebanyakan orang yang hidup dengan jerawat.

Orang dengan kulit sensitif mungkin perlu menguji produk yang mengandung asam ini pada area kecil kulit sebelum menggunakannya di seluruh wajah mereka, karena dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi.[7]
  • Akhir: konsultasikan gejala jerawat anda terlebih dahulu kepada dokter anda, agar dokter anda menyarankan sebuah tanggapan yang terbaik untuk anda.

1. https://www.health.clevelandclinic.org/3-ways-to-get-rid-of-your-acne-scars/. Main Accese: 6 Agustus 2021
2. https://www.health.clevelandclinic.org/3-ways-to-get-rid-of-your-acne-scars/. Main Accese: 6 Agustus 2021
3. https://www.health.clevelandclinic.org/3-ways-to-get-rid-of-your-acne-scars/. Main Accese: 6 Agustus 2021
4. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784#types-of-acne-scar. Main Accese: 6 Agustus 2021
5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784#types-of-acne-scar. Main Accese: 6 Agustus 2021
6. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784#types-of-acne-scar. Main Accese: 6 Agustus 2021
7. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784#types-of-acne-scar. Main Accese: 6 Agustus 2021
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates