input license here

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Obat Rumahan

Disusun Bersama Dr. Zora Degrandpre, ND.
Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Obat Rumahan - pernahkah anda merasakan sakit gigi? Tentunya sakit yang ditimbulkannya seakan akan membuat seluruh aktivitas pekerjaan anda menjadi buruk bahkan bukan hanya itu juga, anda harus siap siaga untuk menahan rasa sakitnya.

Ada beberapa obat rumahan yang bisa membantu anda untuk meredakan rasa sakit yang keluar dari gigi anda, dan pastinya ini tidak harus mengeluarkan biaya yang besar, sebagaimana anda pergi ke dokter gigi anda.

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Obat Rumahan

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Obat Rumahan

Menggunakan Pengobatan Rumahan Sederhana

1. Gunakanlah air garam yang hangat untuk berkumur.

Sebagian orang menyangka bahwa, penyebab pertama terjadinya sakit gigi adalah sering memakan makanan yang manis, tapi faktanya adalah kebanyakan penyebab asal mula sakit gigi adalah infeksi. Dan kabar baiknya adalah berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meredakan sakit gigi yang anda alami, sebab garam sangat ampuh untuk menangani infeksi.

Riset menunjukan bahwa, air garam mampu mengeluarkan cairan yang berada di area terinfeksi sekaligus mampu menekan jaringan yang membuat gigi menjadi nyeri yang akhirnya rasa sakit yang anda rasakan menjadi reda.[1] cara untuk membuatnya adalah:
  • Yang pertama adalah siapkan gelas yang sudah berisi air hangat lalu ambilah sendok teh kemudian ambil garam dengan satu sendok teh penuh.
  • Yang kedua aduk-lah garam tersebut bersamaan dengan air hangat tadi sampai garam dan air hangatnya menyatu.
  • Yang ketiga masukanlah olahan anda tadi kedalam mulut dan berkumurlah dengan itu selama 30 detik lamanya kemudian ludahkan.
  • Ulangi terus pekerjaan ini selama 1 jam mendatang untuk menekan rasa sakit pada gigi.[2]
Peringatan: jangan gunakan air yang panas agar lidah anda tidak mudah untuk melepuh dan jika anda tidak memiliki garam, maka bisa juga menggunakan air hangat saja.[3]

2. Gunakanlah benang yang khusus gigi di apotek, guna untuk mengeluarkan partikel kecil yang ada disela sela gigi.

Jika anda memiliki benang gigi dirumah, maka gunakanlah benang tersebut guna untuk menghilangkan sisa sisa makan atau hal yang lain pada sela sela gigi anda. Kami himbau, agar anda menggunakan nya dengan secara pelan hati hati agar tidak melukai pada area gigi yang lain, terkhususnya kepada gigi yang terinfeksi.
  • Lakukanlah segala cara yang bisa menghilangkan infeksi pada gigi anda.[4]

3. Oleskan minyak cengkeh pada area gigi yang sakit.

Kemudian cara lain yang bisa anda gunakan adalah mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit, karena minyak cengkeh memliki multifungsi yang baik untuk gigi, yaitu cengkeh mengandung antibakteri yang mampu meredakan rasa sakit pada gigi.

Minyak juga bisa menjadi antioksidan sehingga ketika dioleskan pada gigi yang sakit, maka akan membuat mati rasa pada area gigi tersebut, sehingga mampu meredakan nya.[5] cara penggunaannya sangat sederhana sekali, diantaranya adalah:
  • Basahi kapas dengan minyak cengkeh lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit dengan secara halus dan lembut, agar tidak menambah rasa sakit dan nyeri pada bagian gigi.
  • Jika anda melakukan cara ini sebanyak 3 kaki sehari, maka itu adalah cara yang sudah maksimal dan kami menganjurkan itu pada anda.
  • Hindari menggunakan minyak cengkeh dengan skala besar, karena hal tersebut bisa membuat masalah baru dalam kesehatan anda. Usahakan anda sudah simak dan cermati isi dari panduan kemasan minyak cengkeh.[6]
  • Anda bisa membeli minyak cengkeh di apotek terdekat atau ditoko obat herbal tradisional. Jika anda tidak bisa menemukannya, maka buatlah sendiri dengan cara, menghaluskan 2 bunga cengkeh dan mencampurkannya dengan minyak zaitun.

4. Menggunakan kompres yang dingin.

Anda bisa menggunakan metode kompres untuk meredakan rasa gigi anda yang sakit, sebab meletakan kompres pada pipi yang berdekatan dengan area gigi yang akut bisa membuat mati rasa, sehingga rasa sakit dan nyeri gigi menjadi berkurang. Dan untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini selama 10 menit lamanya.[7]

Peringatan: jangan pernah sesekali mencoba langsung menyentuh es kepada gusi anda, karena bisa menyebabkan rusaknya jaringan halus pada gusi.

5. Menggunakan kantung teh celup basah juga ampuh meredakan gigi yang sakit.

Obat rumahan yang sangat sederhana yang bisa meredakan sakit gigi adalah menempelkan kantung teh celup pada area gigi yang sakit. Kantung teh celup tidak bisa menghilangkan infeksi pada gigi atau meniadakan penyebab sakit gigi, tetapi cara ini mampu meredakan masalah gejala sakit gigi.
  • Caranya adalah celupkan kantung teh tersebut pada air panas dan peras sisa sia air yang ada, kemudian taruh kantung teh celup tadi pada area gigi yang sakit selama 15 menit.
  • Kantung teh celup ini mengandung "tanin" yang memilikii sifat "astringen" yang kuat dan tentunya bisa menghilangkanbrasa nyeri untuk sementara pada bagian gigi anda.
  • Jika anda tidak memiliki kantung teh celup, bahan lain yang juga bisa anda gunakan adalah eukaliptus dan pepermin.[8]
  • Melakukan tindakan ini dengan rutin bisa membuat gigi dan gusi anda menjadi kusam.[9]

6. Mengobati sakit gigi hanya dengan menggunakan kunyit.

Bahan dapur yang anda bisa gunakan sebagai obat adalah kunyit, karena faktanya kunyit mengandung kurkumin, sehingga bisa membantu meredakan nyeri pada gigi anda yang sakit.[10]
  • Caranya adalah masukkanlah minimal 5 gr bubuk kunyit, lalu dua siung bawang putih, kemudian 2 lembar daun jambu biji ke dalam 236 (dua ratus tiga puluh enam) mili air mendidih dan rebus campuran tadi, tunggu selama 5 menit.
  • Kemudian saringlah campuran ini setelah ia mendidih kemudian dinginkan beberapa saat. Dan berkumurlah dengan campuran tersebut selama 1 menit untuk menghilangkan nyeri pada gigi anda.
  • Sebagai cara alternatif saja, ambil dua sendok makan bubuk kunyit dan panggang di atas panci. Biarkan dingin, lalu tempelkan kunyit panggang tersebut dengan lembut pada gigi yang sakit menggunakan cotton bud yang bersih.[11]

7. Ketahuilah makanan apa saja yang harus anda hindari ketika sakit gigi.

Perkara yang mungkin banyak orang menyepelekan nya adalah mereka enggan untuk menghindari makanan yang membuat gigi mereka menjadi sakit. Mungkin setiap orang lain memiliki pandangan mereka masing masing, akan tetapi setidaknya anda harus menjauhi sifat yang demikian, demi menjaga kesehatan gigi anda.
  • Riset menunjukan bahwa, sering memakan makanan yang dingin dan panas juga bisa menjadi penyebab awal sakit gigi.[12]

Akhir: jika anda ingin maksimal dalam menggunakan metode ini, maka bertanyalah kepada dokter gigi anda, karena nantinya ia akan memberikan aturan cara pakai metode ini.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates