input license here

Cara Mengatasi Rasa Gugup Yang Berlebihan

Disusun oleh Staf Wipedia.
Cara Mengatasi Rasa Gugup Yang Berlebihan. Meskipun normal untuk orang yang siapa saja untuk merasa gugup, baik tentang peristiwa penting atau perubahan hidup, Gangguan kecemasan dapat berkisar dari gangguan kecemasan umum (GAD), yang sangat mengkhawatirkan yang tidak dapat Anda kendalikan, hingga gangguan ini berkelanjutan menjadi ketakutan yang tiba-tiba, bersamaan dengan jantung berdebar, gemetar, gemetar, atau berkeringat.

Jika anda adalah seorang yang sering tampil didepan umum, maka amat bagus sekali bagi anda untuk membaca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Gugup Yang Berlebihan

1. Tetaplah Merasa Stabil.

Kecemasan adalah keadaan pikiran yang berorientasi pada apa yang akan terjadi pada diri kita. Jadi, jangan sesekali mengkhawatirkan apa yang akan terjadi, "kembalikan diri Anda ke masa sekarang,".

Kata Dr. Tamar Chansky, Ph.D., beliau adalah seorang ahli psikolog dan penulis buku Freeing Yourself from Anxiety. Berkata: Tanyakanlah pada diri sendiri: Apa yang terjadi sekarang? Apakah saya aman? Apakah ada sesuatu yang perlu saya lakukan sekarang?. Jika ini tidak anda lakukan maka pikiran anda akan pergi kemana mana.

Tetaplah fokuskan diri anda kepada hal yang harus anda lakukan, jangan bayangkan sesuatu yang buruk akan menimpa anda tapi jadilah seseorang yang yakin akan hasil kerjanya sendiri.

2. Ketahui kekuatan Anda.

Tuliskan kekuatan, keterampilan, dan pencapaian Anda. Ada alasan mengapa Anda diminta tampil dihadapan mereka. Terlepas dari apa yang Anda rasakan, kemungkinan besar Anda adalah orang yang tepat. Dan mungkin seseorang yang lebih senior, berpengalaman atau ahli yang mengundang Anda ke pertemuan ini atau untuk memberikan presentasi ini. Bahkan jika Anda tidak dapat memercayai penilaian Anda sendiri tentang apakah Anda orang yang tepat untuk peran tersebut, percayalah pada pengalaman dan keyakinan mereka bahwa Anda memanglah orang yang mereka cari selama ini.

3. Mulailah mengembangkan diri.

Jika Anda memutuskan bahwa ada kekurangan yang harus anda penuhi dalam diri anda sebelum berbicara dihadapan mereka, maka atasi dengan mulai belajar/melatih/berkembang di bidang atau area tertentu. Baik itu dengan mengikuti kursus.

Teruslah mencari ilmu yang diperlukan oleh diri anda untuk mendapatkan lebih banyak pembelajaran di tempat kerja. Semua orang lihai, mereka pasti telah mengembangkan diri mereka hingga menjadi perfeck. Yang asal mulanya 0% kini menjadi 100%.

4. Pilih keberanian daripada kepercayaan diri.

Sebenarnya lebih mudah untuk dengan sengaja memilih agar menjadi berani daripada membangun kepercayaan diri kita pada saat tertentu. Orang orang yang hendak tampil didepan umum, pasti akan memutuskan sebuah keputusan diantara "Percaya Diri" atau "Berani" tapi alangkah baiknya anda memilih untuk berani daripada percaya diri.

Katakanlah:  “Ya, aku sedikit takut. Ya, saya gugup. Tapi aku tetap melakukannya!" Langkah proaktif dalam memilih keberanian ini dapat menghasilkan respons psiko-fisiologis yang positif dan memungkinkan kita untuk “muncul” lebih baik.

5. Periksa fakta pikiran Anda.

Orang-orang Yang sering kecemasan sering terpaku pada skenario terburuk, untuk mengatasi kekhawatiran ini, pikirkan betapa pedulinya mereka terhadap anda. Kebanyakan orang yang sering merasa gugup hanya sebab takut salah. Tapi lihatlah faktanya bahwa anda adalah yang terbaik diantara mereka, karena kemungkinan besar mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri ketimbang anda.

Buatlah sebuah khalayan yang mampu menghilangkan rasa gugup anda, seperti: "membayangkan bahwa mereka tidak ada dihadapan anda, karena anda sedang berlatih bicara."

6. Bernapaslah.

Bernapas dalam-dalam membantu untuk menenangkan diri anda. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar tentang latihan semacam ini sebelum nya. Anda tidak perlu khawatir menghitung jumlah napas tertentu, anda hanya fokus pada menghirup dan menghembuskan napas secara merata. Sebab melakukan Ini akan membantu memperlambat datangnya rasa cemas dan gugup anda serta dapat memusatkan kembali pikiran Anda.

7. Pelan Pelan Saat Berbicara.

Ketika anda sudah mulai menampilkan diri anda dihadapan mereka, maka beekatalah dengan secara pelan, karena jika anda terlalu cepat berbicara orang orang akan tahu betapa gugupnya anda dan itu akan membuat anda sesak nafas, karena jantung anda berdebar sangat kencang pada saat itu.

Awali pembicaraan anda dengan secara pelan dan pikirkan bahan yang sudah anda buat kemudian sampaikanlah kepada mereka, sebagaimana anda menulis pesan lewat teks.

8. Berlatih sebelum tampil

Jika anda baru pertama kali melakukan penampilan didepan umum, maka berlatihlah dengan baik khususnya tentang bahan yang harus sampaikan kepada mereka.

Berlatihlah berbicara sendiri didalam kamar anda, karena itu dapat membantu anda menemukan kesalahan anda sendiri dan sekaligus dapat mengubahnya menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Lakukan ini jika anda ingin maksimal dalam penampilan anda.

9. Terima Kekurangan Diri Anda

Jika anda memiliki kekurangan yaitu anda tidak terlalu pandai untuk berbicara didepan umum, maka yang anda lakukan adalah terimalah kekurangan anda ini dan belajarlah untuk mencapainya.

Jangan sesekali mengatakan "saya adalah orang yang gagal", karena jika anda dinasehati dengan cara yang seperti ini anda akan mudah untuk menyerah dan anda akan putus asa disitu.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates