input license here

Bagaimana Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol

Disusun bersama Staf Wipedia.
Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol. Sepertinya banyak para bunda yang kesulitan menjaga buah hatinya agar tetap tidak ngompol khususnya pada waktu tengah malam. Biasanya ketika balita sudah berumur 6 tahun, ini masih saja dianggap wajar oleh para ahli dokter.

Akan tetapi alangkah baiknya prilakunya yang seperti ini, harus kita cegah agar ia tahu bahwa dirinya sudah merangkak dewasa dan harus meninggalkan kebiasaan nya yang demikian.

Kami memiliki beberapa cara yang bisa anda gunakan dirumah anda, ketika hal ini terjadi, apa sajakah itu, mari kita bahas satu persatu.

Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol

Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol

Berhentilah terus menerus menggunakan diaper kepadanya

1. Nantikan lah sampai anak anda siap untuk tidak menggunakannya

Sebagian anak memiliki ciri khasnya masing-masing, sebagian diantara mereka ada yang bisa untuk selalu terjaga tetap kering dalam waktu siang tapi tidak untuk waktu malamnya. Anda boleh saja selalu memakainkan ia diaper, asal ia selalu bangun pagi atau siang dalam keadaan kering (tidak mengompol).

Yang perlu anda catat adalah setiap anak Didunia ini memiliki perkembangan yang berbeda, jadi jangan pernah sesekali anda membandingkan anak anak anda dengan anak orang lain yang selalu kering dimalam harinya. Anda boleh saja berfikir "kenapa bisa seperti itu?" Tapi ketahuilah bahwa perbedaan itu ada.[1]

2. Kenakan dikasur anak anda yaitu pelindung kasur tahan air

Gunakanlah pelindung kasur tahan air ketika anda sudah membulatkan keputusan anda yaitu berhenti memberikan diaper kepada anak anda saat malam harinya. Kegiatan ini harus anda lakukan agar anda mudah mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan.

Gunakan pelindung kasur tersebut dibawah seprai, karena untuk menghindari cepat rusaknya kasur atau lain sebagainya.

3. Siapkanlah piama atau seprai cadangan ketika anak anda tidur

Yang perlu anda jaga selanjutnya adalah anda perlu mempersiapkan piama atau seprai yang baru, untuk mengganti seprai yang basah ketika anak anda mengompol pada waktu tengah malam atau saat dipakai harinya.

Ketika anak mengompol pada waktu tengah malam atau ketika anda sudah bangun ia belum terjaga, maka anda mudah untuk mengganti nya dengan yang baru, akan tetapi usaha anda bukan tidak membuahkan hasil, akan tetapi ini adalah bentuk dari usaha anda.

4. Tetap jaga ketenangan anda

Anda tidak perlu khawatir bahwa anak anda tidaklah mengompol pada waktu malam, karena ngompol itu adalah hal yang wajar. Dan setiap anak pasti akan mengalami nya.

Jadi tugas anda adalah ajari mereka dengan sifat dan sikap yang mudah dimengerti oleh mereka, yaitu isyaratkan kepada dia anda jangan ngompol pada waktu malam hari.[2]

Maksimalkan kemungkinan bahwa ia akan kering sepanjang malam

1. Batasi meminum cairan pada waktu malam hari

Usahakan anak anda tetap dalam cairan yang cukup pada siang hari dan segelas air yang cukup pada waktu malamnya. Dan jangan berikan cairan lagi kepadanya setelah segelas air tersebut.

Hal ini dilakukan guna untuk mengindari anak anda untuk ngompol pada malam harinya.
Usahakan cara yang terbaik agar anak anda selalu meminum minuman yang bersoda, karena terlalu banyak meminum soda bisa memperbanyak reproduksi urine.

2. Suruh lah anak anda agar kencing sebelum ia tidur

Hal ini juga perlu anda lakukan kepada anak anda yang sudah anda bulatkan untuk berhenti menggunakan diaper kepadanya, gunanya adalah untuk mengurangi kandungan air kemih pada dirinya.[3]

3. Usahakan anak anda agar mematuhi rutinitas sebelum tidur

Buatkanlah jadwal kepada anak anak anda agar ia bisa mengerti yakni menahan urine (kemih) ketika ia hendak ngompol. Cari usaha yang terbaik untuknya agar ia faham bahwa mengompol pada malam hari itu tidaklah baik dan supaya anak anda akan terbiasa menahannya.

Kebiasaan ini jangan menjadi kebiasaan, usahakan ia hanya mengerti bahwa ngompol pada malam hari itu tidak baik. Alangkah baiknya anda menyuruh ia ke kamar mandi sebentar untuk kencing.

4. Perhatikanlah apa yang dimakan anak anda

Memperhatikan apa yang dimakan anak anda adalah sesuatu yang terbaik untuknya. Karena anak sering ngompol pada waktu malam, salah satu penyebab adalah orang tua jarang memperhatikan apa yang sedang dimakan anaknya.

Jika anak sering meminum cairan pada waktu malam, jika tidak ditangani oleh orang tuanya maka kemungkinan besarnya adalah anak anda akan mudah mengompol pada waktu malam. Dan ini bukanlah sesuatu yang anda inginkan.

5. Perhatikanlah bahwa anak anda mendapatkan cukup makan magnesium dan kalsium

Sebagian dari riset yang kami temukan adalah, para ahli kebanyakan percaya bahwa semakin rendah kadar kalsium dan magnesium pada anak bisa berkontribusi ngompol pada waktu malam harinya.

Selain pada susu produk, kandungan makanan yang mengandung kalsium dan magnesium juga bisa anda temukan pada buah pisang, biji wijen, ikan, almon dan brokoli.

6. Pertimbangan untuk membangunkan anak anda pada malam hari

Ketika anda menunggu anak anda sampai ia bangun dan ke kamar mandi sendiri, alangkah baiknya anda sengaja menyetel kan alarm atau beker, yaitu sengaja untuk membuat nya bangun dan menyuruhnya untuk kencing ke kamar mandi dengan sesegera mungkin.

Anak anda bisa saja terbangun dalam durasi kurang lebih 2 atau 3 jam untuk membangunkannya dan lakukanlah dengan cara bertahap, agar ia bisa nyenyak sepanjang malamnya.

7. Hindari menjadikan ruangan menjadi dingin

Hawa dingin yang dirasakan anak bisa memungkinan untuk ia terbangun lebih cepat dan ngompol dimalam itu juga. Jadi jalan amannya adalah anda perlu menghangatkan ruangan anak anda.

8. Buatkan jurnal khusus

Jika anak anda terus menerus kesulitan mengatasi mengompol, tulislah jurnal terperinci mengenai mengompol di malam hari, termasuk jamnya. 

Anda mungkin memperhatikan adanya pola, yang akan mempermudah Anda untuk menentukan penyebabnya dan membangunkan anak pada jam yang tepat supaya dia tidak mengompol di celana.

9. Lakukan pendorongan yang positif

Sebaiknya anda sebagai orang tua adalah tidak menghukum mereka yang selalu ngompol pada tengah malam, karena itu adalah sebuah perilaku yang keluar dari batas kendali mereka. Ini adalah sesuatu yang wajar, semua anak pasti demikian.

Carilah solusi yang mampu membuat anak anda tidak takut kepada anda, yaitu berikan kasih sayang kepadanya di segala apapun yang ia lakukan.[4,5]

Referensi
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates