input license here

Cara Membaca Buku Yang Benar

Cara Membaca Buku Yang Benar
Cara membaca buku yang baik dan benar - kok bisa sih banyak orang yang suka baca buku? Pernahkah pertanyaan yang kek gini hadir dalam pemikiran kita? Banyak yang bingung emangnya apa sih rahasianya?.

Perlu diingat bahwa kegemaran membaca mereka itu semua tidak luput dari cara membacanya mereka terhadap buku buku yang ada Didunia ini. Banyak orang yang mengira bahwa baca buku itu membosankan kan dan ngeselin, iya sih emang tapi hanya bagi orang orang yang tidak tahu caranya aja :).

Jadi kami akan memberikan sedikit pencerahan tentang cara membaca buku yang baik dan benar itu gimana sih? Mari kita bahasa satu persatu.

Cara Membaca Buku Yang Baik dan Benar

Sebenarnya baca buku itu sangatlah penting, karena didalam buku itu sendir terdapat banyak sekali ilmu pengetahuan yang sangat besar sekali manfaatnya. Ada 13 cara membaca buku yang baik dan benar! Apa sajakah itu mari kita masuk ke materinya.

1. Memperhatikan tanda baca yang ada

Setiap buku apapun yang kita baca, kek buku sejarah, komik, bahkan sampai novel, itu semua ada tanda bacanya, agar dialog yang ada dalam buku itu sesuai dengan narasinya. Untuk hal ini juga kita perlu banyak banyak belajar saat disekolah atau sedang mendengarkan pidato seseorang.

Karena faktanya adalah setiap buku yang ditulis oleh siapapun dia, itu adalah merupakan bentuk ungkapan dari sang penulis, tapi hanya saja dituangkan dalam bentuk teks. Maka jika kita ingin dialog dari sang penulis itu kita masuk ke pikiran kita maka bayangkan saja, bahwa sang penulis tersebut seakan akan berbicara dihadapan kalian.

2. Bentuk posisi badan saat membaca

Orang akan betah saat membaca sesuatu kalau bentuk dan cara membacanya tepat, karena faktanya kita sering males banget untuk ngebaca sesuatu karena kita mudah penat atau posisi badan kita kurang pas untuk kita gunakan ketika membaca.

Cara duduk yang baik dan benar saat membaca adalah: duduk lah dikursi yang ada penyandarnya, seperti meja duduknya meneger dan lainya sebagainya. Karena meneger bisa duduk lama membaca dokumen dokumen perusahaan, dikarenakan posisi duduk dan tempat duduk mereka itu benar. Jadi carilah posisi tersendiri yang menurut teman teman benar.

3. Jarak pandangan mata saat membaca buku

Pernahkah kita lelah saat membaca buku? Mata kita cepet banget capek dan letih. Itu dikarenakan kita mungkin terlalu dekat dengan buku yang kita baca.

Karena faktanya adalah ketika mata kita dekat dengan sesuatu, maka itu nantinya akan mengakibatkan fokus pada kornea mata kita, karena buku itu panjang banget tulisannya jadi dikalau kita keseringan fokus pada bagian tersebut, mata kita akan mudah banget capek.

Jadi jalan keluarnya adalah: jaga jarak pandangan ketika kita sedang membaca buku, karena terlalu dekat itu bisa mengakibatkan mata kita cepet capek.

4. Ketahui die pokok utamanya

Para pembaca yang baik, pasti akan mencari pokok dari bahasan dalam buku tersebut sebelum mereka kebagian teks inti lainnya.

Karena faktanya adalah kita pengen baca terus itu dikarenakan ide pokok dari pembahasan teks kalimat dalam buku tersebut bagus bagi kita. Sehingga kita ingin terus terusan pengen tahu banget akan kandungan dari buku itu dan intisari nya.

Banyak orang yang tidak memperhatikan bagian bagaian yang ini. Karena faktanya mereka membaca tanpa adanya keinginan ingin tahun, jadi inilah faktor kesalahan yang sering dilakukan oleh para pembaca pemula.

5. Memberikan tanda yang penting penting saja pada kalimatnya

Kebanyakan orang ketika membaca buku, mereka membaca terus menerus tanpa memberikan tanda pada kalimat yang terpenting dalam buku tersebut. Sehingga mereka membaca secara keseluruhan tanpa adanya menandakan kalimat nya.

Tujuannya adalah agar ketika kita ingin membaca buku itu kembali, kita sudah tahu bagian yang terpenting yang ingin disampaikan oleh sang penulis kepada diri kita, sehingga kita tidak harus membacanya dengan secara keseluruhan.

6. Biasakanlah diri untuk selalu membaca buku

Faktor yang juga menjadi kesalahan banyak orang ketika lagi membaca buku adalah mungkin dia baru memulai membaca buku satu kali saja tanpa ia ulangi dengan membaca buku buku yang lainnya.

Membiasakan membaca buku itu sangat penting untuk mengolah pola pikir kita untuk selalu memahami isi dari setiap buku, karena nantinya otak kita akan bekerja dan menyesuaikannya. Kayak kita sering makan bakso, tentunya kita memiliki langganan bukan! Ketika otak sudah merespon untuk membeli bakso maka yang terniang pertama kali dalam pikiran kita adalah mamang bakso yang sering banget kita membeli baksonya. Seperti itu juga otak, otak butuh kebiasaan untuk selalu membaca buku, sebab nantinya kita akan terbiasa dengan sendiri ketika membaca buku yang lainnya.

7. Jangan membaca dari Kata per Kata

Metode belajar membaca dari kata per kata biasanya dilakukan oleh para pemula membaca saat, itupun seperti mereka pertama kali membaca buku, jadi harap tinggalkan hal tersebut.

Karena faktanya adalah melakukan hal demikian hanya membuang buang sejati kita saat membaca saja, karena sebetulnya anda bisa membaca lebih baik daripada itu dan mungkin anda akan memiliki waktu yang cukup luas untuk terus membacanya.

8. Jangan baca buku dengan terburu buru

Salah satu yang menjadi faktor kesalahan yang sering terjadi dikalangan para pembaca adalah: mereka sering sekali membaca buku dengan secara tergesa-gesa atau terburu buru. Ini adalah kesalahan yang sangat sangat fatal sekali, sebab faktanya orang yang sering membaca dengan terburu-buru nantinya mereka akan mungkin melewatkan kalimat yang lain atau ada kalimat yang nantinya tidak terbaca oleh mereka.

Bacalah buku dengan santai dan tentang, kalau anda membaca buku dengan tergesa-gesa maka lakukan ya dahulu perkejaan yang mungkin lebih penting dari pada membaca buku. Ketika anda memiliki waktu yang luas untuk membaca buku, maka bacalah karena hal itu tidak akan pernah membuat anda serasa terbebani.

9. Gunakan alat untuk menunjukkan kalimat

Mungkin cara jadul kali ini akan sangat efektif bagi kita agar kita bisa membaca buku dengan baik dan benar. Yaitu seperti masa dulu kita ngaji juz amma, Kitakan sering tuh pake yang namanya alat telunjuk untuk menunjukan kalimat yang kita baca.

Nah, cara itu juga bisa kita gunakan untuk memulai cara pembacaan kita yang baik dan benar, karena faktanya cara membaca demikian bisa membuat kita hati hati dalam membaca yaitu takutnya diri akan dari adanya kalimat atau teks yang terlewat.

10. Niatkan untuk membaca

Pernahkan kita membaca buku tanpa adanya niat? Nah itu merupakan faktor yang membuat kita jadi pembaca yang salah. Sebab membaca buku itu harus ada niatan diawalnya. Maksudnya adalah kita membaca buku tersebut dengan adanya keinginan kita sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Bacalah buku yang anda gemari, baik itu buku tentang percintaan atau lain sebagainya, sebab kita akan semangat membaca buku kalau buku itu sesuai dengan keinginan kita.

11. Bacalah buku yang anda senangi

Faktor terkahir yang sering diperbuat oleh orang orang yang sering membaca buku adalah mereka membaca buku yang mereka tidak sukai atau mereka gemari sama sekali.

Ini perlu diperhatikan oleh kita semua, sebab banyak orang yang membaca buku dengan keadaan yang terpaksa, padahal para pembaca buku yang handal adalah mereka semua itu membaca buku dengan tidak adanya keterpaksaan apapun. Artinya mereka membaca buku dengan apa yang mereka inginkan, seperti anda yang suka buku biologi maka bacalah buku tentang biologi dan jangan pernah membaca buku tentang kimia, karena itu adalah sesuatu yang bukan Anda inginkan sama sekali.

12. Cari daftar isi buku tersebut

Disaat kita sedang membaca buku, maka ada juga hal yang harus kita perhatikan ialah Tetang daftar isi buku tersebut, karena hal ini juga akan menyangkut dengan apa yang sedang anda inginkan dari bacaan buku tersebut.

Contohnya anda sedang membaca buku tentang pernikahan, maka lihatlah daftar isi buku tersebut dan cari bab yang perlu Anda baca atau yang ingin anda coba lakukan dari bab tersebut. Dan saran kami adalah sekalipun kita melihat daftar isi tersebut, tetapi bacalah dari bab pertama nya dari bagian bab yang sudah anda cari didaftar isi tadi, karena takut nya nanti ada bagian yang terpenting diawal yang Anda lewatkan.

13. Salin bab yang perlu

Maksud kami disini adalah bukankah banyak buku yang belum kita miliki kan? Bisa jadi buku yang kita baca tersebut hasil dari meminjam dari perpustakaan atau dari teman. Jadi agar anda bisa mengingat bagian terpenting dari buku tersebut maka hendak nya anda menyalin tulisan yang ada pada buku tersebut dibuku pribadi anda, sebab itu tujuannya adalah agar anda mudah mengingat dan mengklarifikasi isi dari bagian buku tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua, yaitu mengenai Cara membaca buku yang baik dan benar.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates