input license here

Cara Belajar Yang Baik Dan Benar

Cara Belajar Yang Baik Dan Benar. Sering kali kita merasa kesulitan dan belajar, baik itu dari pekerjaan atau dari studi sekolah yang diberikan oleh para guru. Lelah, capek dan prustasi sudah menjadi makanan sehari hari bagi para penuntut ilmu.

Belajar adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang guna untuk mendapatkan suatu hasil dari tindakannya, yang ditimbulkan akibat interaksinya pada sebuah lingkungan, baik itu berupa pengalaman atau perubahan tingkah laku secara keseluruhan.[1]

Dalam kata lain, belajar bisa kita gambarkan sebagai para penuntut ilmu yang ingin mendapatkan hasil yaitu sebuah prestasi dalam belajarnya. Kali ini kami akan bagikan kepada anda tata cara belajar yang baik dan benar.

Utamakan Selalu Bekerjasama

Cara Belajar Yang Baik Dan Benar

1. Buatlah Program Kerja Kelompok.

Kerjasama dalam sebuah team adalah hal yang paling diutamakan dalam sebuah kasus. Jika anda memiliki kelompok yang kompak dan cerdas, maka anda akan mudah sekali mendapatkan wawasan baru sekaligus pengalaman yang relevan. Karena disitu anda akan banyak sekali mendapatkan informasi yang berguna untuk anda praktekan dalam studi anda.[2]
  • Jangan sesekali anda bergabung dengan sebuah kelompok tidak tidak dapat membantu anda sama sekali, karena anda akan susah sendiri. Carilah sekolompok teman atau rekan yang bisa membantu anda, menjawab segala pertanyaan anda dan membantu menemukan jawaban atas kebingungan anda dalam mencari sesuatu.

2. Bergabung dengan orang orang cerdas.

Sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas tadi, bahwa anda harus berada diruang lingkup orang orang yang berguna dan yang tujuannya dan misinya sejalan dengan kemauan anda.
  • Jika anda adalah seorang siswa pelajar, maka anda harus bergabung dengan orang orang yang memiliki nilai pendidikan yang bagus dan berprestasi. Jangan sesekali anda bergabung dengan sebuah kelompok yang tidak sehubungan dengan maksud anda. Seperti jika anda adalah seorang dokter spesialis; Anda harus bergabung dengan orang orang yang jauh lebih tinggi keilmuannya daripada anda, agar anda mendapatkan sebuah pengalaman yang baik dan nasehat nasehat yang berguna bagi diri anda.
Jangan bergaung dengan geng motor, karena mereka tidak ada hubungannya dengan tujuan anda belajar. Boleh saja, jika anda memang ingin mempelajari otomotif.

3. Ikut bergabung dengan kelompok luar untuk menambah kemampuan anda.

Jika anda memiliki kelompok, maka jika anda ingin menambah wawasan yang lebih anda harus bergabung dengan kelompok lainnya yang sehubungan dengan anda. Jika anda memiliki kelompok yang diberi nama "kelompok A", maka bergabung jugalah dengan kelompok lainnya seperti; "kelompok B", "kelompok C" dan seterusnya. Asal itu sehubungan dengan materi pelajaran anda.

Mencatat Hal Hal Yang Penting

1. Buatlah Intisari Pelajaran Anda.

Usahakan anda mencatat pelajaran dan materi materi penting dalam pelajaran anda, jangan sampai anda meninggalkan sedikitpun materi yang amat berguna untuk prestasi belajar anda.

Salinlah materi yang penting dalam sebuah buku kecil yang sering Anda gunakan untuk belajar dan jangan sampai anda catat secara terpisah, kerena itu akan menyulitkan Anda untuk belajar atau untuk menambah wawasan anda.[3]

2. Praktekkan Materi Pelajaran

Buatlah soal soal kecil yang mudah anda jawab ketika anda sedang belajar. Jangan buat soal yang sulit untuk anda fahami atau yang membuat anda mudah untuk berhenti belajar pada saat itu.
  • Usahakan anda memulai pelajaran, dimulai dengan pelajaran yang anda sukai, jangan memulai dari pelajaran yang mungkin tidak terlalu anda suka, karena anda akan mudah lebih betah ditempat belajar anda ketika anda sedang mempelajari pelajaran yang anda sukai.[4]

3. Gunakan metode memperingkas bahasan pelajaran

Jika anda merasa kesulitan untuk menghafal sesuatu maka cara keluarnya adalah usahakan anda memahami isinya dan buatlah kesimpulannya. Cara ini biasanya digunakan ketika sesuatu yang akan dihafal itu amatlah panjang.

Cari inti inti pokok dalam pelajaran tersebut, kami yakin anda pasti bisa untuk merangkum dan mengambil intisari dari pelajaran dan materi anda itu.[5]

Ketekunan dalam belajar

1. Harus disiplin dalam belajar

Cara belajar yang baik dan benar adalah anda belajar tidak nunggak-nunggak dalam kata lain anda belajar dalam ketekunan dan kesabaran. Untuk mencapai tingkatan disiplin anda harus sadar bahwa ke-istiqomahan itu sangatlah penting sang berguna sekali untuk diri anda untuk mewujudkan impian masa depan anda.

Buatlah jadwal yang praktis bagi anda, jangan sampai anda membuat jadwal belajar pada waktu sibuk anda, karena itu hanya akan menyulitkan diri anda sendiri.

2. Olahraga yang rutin

Anda tidak harus selalu duduk dimeja belajar anda, ada kegiatan lain yang harus anda lakukan untuk mempertajam daya ingatan anda yang mana hal ini sangat berguna sekali dalam pelajaran anda.
  • Sebuah riset pada tahun 2013 sudah membuktikan bahwa; "seseorang yang rutin berolahraga sepeda selama 15 menit atau lebih dapat meningkatkan kemampuan ketajaman ingatan ketimbang yang tidak melakukannya".[6] disamping itu juga olahraga dapat membantu anda menyehatkan badan anda dan menjaga stamina anda ketika belajar atau menjalani Keseharian.

3. Hindari belajar diwaktu yang lama

Belajar dengan waktu yang singkat lebih efektif untuk anda cerna dalam menangkap segala materi pelajaran anda. Belajar singkat ini berguna untuk menghindari keram pada bagian otak anda, jika anda sering belajar kebut semalaman.[7]
  • Belajarlah dengan waktu singkat dan jadwalkan waktu kapan anda merasa letih dalam belajar. Hal ini berguna untuk menghindari stres pada otak anda.

4. Gunakan metode Pomodoro

Pomodoro adalah sebuah cara belajar santai yang tidak hanya berfokus pada waktu melainkan berfokus pada bagian konsep penting belajar saja.[8] Teknik belajar pomodoro ini diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980-an, yang mana jika anda menggunakan metode ini, anda hanya difokuskan pada 5 tahapan saja. Di antaranya adalah:
  1. Menentukan topik yang hendak anda pelajari
  2. Pasang stop watch minimal 25 min
  3. Fokuskan diri hanya mempelajari satu materi
  4. Setelah 25 min, istirahatkan diri anda selama 5 min
  5. Setelah tekun melakukannya 4 kali, silahkan anda beristirahat selama 15 s/d 30 min
Lakukan metode ini maka anda akan mendapatkan ketengan belajar, dan itu sangat membantu anda.

Hindari melakukan sesuatu yang mudah membuat anda lupa

1. Jangan sampai terlalu lama menyimpan information

Riset telah menunjukan bahwa jika otak anda mendapatkan sebuah informasi dan anda tidak menggunakannya dalam waktu yang lama, maka yang akan terjadi adalah anda mudah lupa.[9]
  • Usahakan anda mencari informasi Pelajaran yang sesuai dengan bidang yang sedang anda tekuni dan nilai-lah bahwa anda akan terus menerus menggunakan ilmu tersebut.

2. Jangan sampai gagal fokus pada materi

Yang sering terjadi dikalangan para pelajar adalah mereka lupa bukan sebab hal lain, melainkan mereka mudah lupa sebab tidak fokus pada materi yang diberikan guru sehingga pemikiran mereka menjadi terpecah.[10] sangat amat penting untuk selalu fokus dalam belajar dan ketika sedang menangkap materi pelajaran.
  • Keterfokusan diri itu tergantung dari tempat dan kebiasaan anda. Jika anda selalu belajar ditempat yang kurang membuat anda tenang disitu, maka otomatis anda akan mudah sekali lupa. Jangan belajar ditempat yang ramai, karena itu akan membuat pemikiran anda terpecah sehingga anda konsentrasi anda berkurang.

3. Tidak faham dengan apa yang dibicarakan guru

Usahakan anda mencari guru yang mudah anda fahami ketika ia sedang mengajar, karena tidak semua murid guru bisa faham dengan pengajaran seorang guru. Kebanyakan para murid hanya faham pada guru guru atau pemateri tertentu saja.[11]

4. Lakukan metode penghafalan

Jika anda tidak ingin lupa, maka jalan satu satunya adalah menghafalkan sesuatu yang ingin anda hafal, karena ini sangat membantu anda untuk mengatakan atau menyebutkan sesuatu yang penting ketika anda membutuhkannya.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Law Of Disuse pada tahun 1975, bahwa yang membuat seseorang mudah lupa adalah tidak mengulangi hafalan yang sudah ia pelajari.[12] unsur-unsur kelupaan ini terjadi karena terlalu banyaknya informasi baru yang diterima otak sehingga sesuatu yang dihafal yang jarang digunakan akan tertumpuk dibagian bawah alam sadar.
Usahakan anda selalu membangun hafalan yang efektif dalam diri anda dan jangan pernah mengambil informasi yang rasanya anda tidak terlalu membutuhkan itu.

5. Jangan melakukan sesuatu yang tiada berguna

Kami yakin kebanyakan orang orang lupa adalah mereka yang sering melakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan mereka. Semisalnya anda adalah seorang pelajar tapi anda melakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran anda. Seperti bermain game.

Ini juga merupakan salah satu faktor anda mudah lupa. Jangan sampai anda melakukan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan kehidupan anda, karena itu sama saja anda menghancurkan masa depan anda.
  • Akhir: belajar amatlah penting bagi kehidupan anda, anda bisa mengerjakan banyak hal karena anda dulunya adalah seorang pelajar. Jadi, wujudkan impian anda dengan belajar, karena segala kehidupan ini membutuhkan ilmu, dan ilmu hanya bisa anda dapatkan dengan belajar.

Disusun oleh Staf Wipedia
Referensi
  1. ^https://lpmpsulteng.kemdikbud.go.id/index.php/2017/01/18/pengertian-belajar-dan-hakikat-belajar/. Main Accese: 30 Agustus 2021
  2. ^https://smkn1-ketapang.sch.id/index.php?id=artikel&kode=29. Main Accese: 30 Agustus 2021
  3. ^https://smkn1-ketapang.sch.id/index.php?id=artikel&kode=29. Main Accese: 30 Agustus 2021
  4. ^https://summareconbekasi.com/whatson/detail/7-cara-belajar-yang-efektif-dan-efisien. Main Accese: 30 Agustus 2021
  5. ^https://summareconbekasi.com/whatson/detail/7-cara-belajar-yang-efektif-dan-efisien. Main Accese: 30 Agustus 2021
  6. ^https://www.ruangguru.com/blog/cara-belajar-efektif. Main Accese: 30 Agustus 2021
  7. ^https://www.ruangguru.com/blog/cara-belajar-efektif. Main Accese: 30 Agustus 2021
  8. ^https://www.ruangguru.com/blog/cara-belajar-efektif. Main Accese: 30 Agustus 2021
  9. ^"Journal" http://journal.uml.ac.id. Main Accese: 30 Agustus 2021
  10. ^https://www.akubelajar.id/blog/3-alasan-mengapa-pelajar-mudah-lupa-pada-materi-yang-diajarkan. Main Accese: 30 Agustus 2021
  11. ^https://www.akubelajar.id/blog/3-alasan-mengapa-pelajar-mudah-lupa-pada-materi-yang-diajarkan. Main Accese: 30 Agustus 2021
  12. ^https://www.smpn1kayuagung.sch.id/berita-180-faktorfaktor-penyebab-lupa-dalam-belajar.html. Main Accese: 30 Agustus 2021
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates