input license here

Macam macam buku yang ada didunia

Macam macam buku yang ada didunia
Disusun Oleh M. Rofiannur Al Hamaamuh.

Macam Macam Buku Didunia - sebagai orang yang sering membaca buku buku apapun itu, kita juga harus tahu nih apa aja sih jenis model buku itu? Karena kita juga perlu tahu tentang isi buku yang kita baca selama ini.

Defenisi Buku adalah beberapa isi kalimat yang dituangkan dalam sebuah kertas yang memiliki banyak sekali halaman yang ada didalamnya.[1] Buku juga merupakan sahabat bahkan teman terbaik kita selama kita dalam pembelajaran. Soo buku apa sajakah yang ada Didunia ini? Mari kita bahas satu persatu.

Macam Macam Buku Didunia

Rasanya bukan hal baru lagi nih bagi kita untuk mengetahui apa sajakah model buku yang ada Didunia ini, sebab mungkin anda sudah pernah membaca buku yang akan kami sebutkan dibawah ini.

1. Buku Novel

Novel itu isinya seperti alur cerita sebuah kehidupan yang dituangkan oleh sang penulis kedalam sebuah buku, tapi alur cerita tersebut didapatkan dari hasil imajinasi sang penulis.[2] Umumnya novel hanyalah berisikan sebuah cerita cerita kehidupan, mulai dari percintaan atau Bahakan pengalaman seseorang. Dan novel itu sendiri memiliki sebuah akhiran, yang asal mulanya diawali dengan permasalahan seseorang sampai diakhir ending nya menjelaskan dengan detail tentang cara keluar dari permasalahan tersebut.

Hikmah yang bisa kita petik dari seringnya diri kita membaca buku novel ialah kita akan belajar bagaimana cara keluar dari suatu masalah dikehidupan ini. Karena mungkin saja kita termasuk dalam alur cerita dalam novel itu. Dan itupun bisa ambil hikmah dari alur ceritanya. 

Yang perlu diketahui adalah sekalipun ini hanya karya fiksi prosa, tapi novel memiliki ciri khusus yang melebihi dari cerpen (cerita pendek) yaitu novel memiliki kata yang panjang yaitu memiliki panjang sampai 40.000 kata atau mungkin bisa lebih dari pada itu.

Jenis novel itu juga banyak, misalnya novel:
  • Picaresque novel: ini adalah sebuah novel yang didalam nya mengisahkan sebuah petualangan yang seru dan bisa juga didalamnya mengkisahkan seseorang yang menjadi pahlawan dunia.
  • Epistolary novel: novel ini sifat penulisan nya berbentuk populer, ia memiliki bentuk yang unik seperti layaknya sebuah surat, jurnal atau sebuah histori book. Buku novel inilah yang paling banyak ditemui dimana mana bahkan di toko buku sekalipun.
  • Historical novel: Historical novel adalah sebuah novel yang menjelaskan serta menceritakan sebuah sejarah dengan lengkap.
  • Regional novel: merupakan sebuah novel yang berisikan sebuah alur cerita yang berlatarkan dari sebuah daerah tertentu saja dan tentunya hal ini disebabkan oleh keinginan dari sang penulis.
  • Bildongs roman: novel Bildongs roman ini hanya mengandung alur ceritanya perkembangan anak anak, yang mana tujuannya adalah hanya untuk kita selalu berfikir kedepan agar generasi dari suatu bangsa itu bisa lebih baik dari sebelumnya.
  • Roman a these: novel jenis ini bentuknya adalah sebuah argument dan ia tidak membahas selain daripada itu.
  • Roman a clef: yaitu jenis novel yang memiliki sejenis sesuatu yang berselubung dengan pihak lainnya, karena novel ini berisikan sebuah ide yang didapatkan dari hasil imajinasi kemudian dipadukan dengan karakter manusia.
  • Roman-fieuve: adalah sebuah novel yang memilki versi yang panjang (artinya tidak cukup dengan satu buku saja melainkan alur ceritanya dituangkan dengan bentuk kisah yang amat panjang sehingga memerlukan beberapa versi).
  • Non-fiktional novel: yaitu jenis novel yang berisikan kisah kisah nyata yang tentukan sang penulis tidak boleh asal dalam menulis kisah tersebut, akan tetapi keluasannya adalah ia boleh mengkisahkan sekalipun tidak sama persis akan tetapi tetap diwajibkan menuangkan kisah tersebut berdasarkan kisah nyata yang sudah benar benar terjadi dikehidupan ini.[3]

2. Buku Majalah

Ada yang pernah baca buku majalah? Yaa buku ini datangnya tiap Minggu atau bisa juga dengan bulan. Buku majalah itu sendiri adalah buku yang berisikan macam macam artikel yang kemudian terus dicetak berulang ulang menggunakan tinta kemudian diterbitkan kepada masyarakat luas dengan menggunakan bahasa bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka.[4]

Hey, udah tahukah kalian, ternyata ada loh majalah yang super duper mahal banget, dan hanya dibaca oleh orang orang kaya sajah, majalah apa sajakah itu, diantaranya adalah:
  • Global Living Magazine
  • Portfolio Magazine
  • Prestige Magazine
  • Elite Traveler Magazine
  • Robb Report Magazine
  • Town and Country Magazine.[5]

3. Buku Kamus

Kamus, ya buku yang satu ini tidak asing lagi ditelinga kita bukan! Buku ini berisi kan sudah penjelasan dari kata ke kata. Kamus juga berfungsi untuk memberitahukan kita tentang makna arti dari sebuah kata dengan maksud dan kandungannya.[6]

Kamus juga membantu kita untuk mengenal kata yang baru didengar oleh kita dan ia juga bisa memberikan sebuah penjelasan yang berbentuk ilustrasi, tapi sayangnya kamus yang model seperti ini, hanya bisa kita temukan dalam kamus Francis saja.

Isi dari kamus itu beragam, bisa ia itu berupa multi bahasa tertentu saja atau menggabungkan 2 bahasa atau lebih didalamnya. Sebab kamus digunakan untuk mengetahui makna dan arti dari sebuah bahasa, maka dari itulah kamus dalam multi bahasa dibagi menjadi 3 bagian:
  • Kamus model Eka bahasa: kamus ekabahasa ini hanya mengandung satu jenis bahasa saja dan ia tidak mencampurkan bahasa lain kedalam nya. Perbedaan yang paling menonjol dari kamus ini adalah ia disusun dengan cara pembuktian dari data Corpus dan tidak lebih dari itu.
  • Kamus Dwibahasa: kamus ini memberikan dua bahasa didalam nya dan ia juga memberikan penadan serta memberikan penjelasan yang luas daripada kata yang dimasukan dalam kamus tersebut, contohnya seperti kamus Indonesia-inggris, Indonesia Arab dan seperti itu seterusnya.
  • Kamus Aneka bahasa: yaitu kamus yang mencampurkan bahasa yang banyak didalamnya, kamus ini biasanya mengandung tiga bahasa didalamnya. Seperti kamus bahasa Indonesia> Inggris> dan China. Itulah contoh dari kamus yang aneka bahasa.[7]
Selain itu juga, yang perlu diperhatikan adalah kamus itu ternyata memiliki variasi ukuran yang berbeda, ada yang berukuran besar dan kecil, dan umumnya kamus yang demikian itu dibagi menjadi tiga bagian:
  1. Kamus berukuran mini
  2. Kamus berukuran kecil
  3. Kamus berukuran besar.[8]

4. Buku Komik

Buku komik, hmmm rasanya udah banyak banget buku ini dirumah kita ya. Komik adalah buku yang berisikan teks dan gambar didalamnya, ia menjelaskan sebuah alur cerita yang didapatkan dari ide ide atau imajinasi yang dituangkan dalam bentuk visual.[9,10]

Komik itu sendiri umumnya dibuat hanya untuk menghibur para penggemar buku yang berisi teks dan gambar. Maka dari itu banyak buku komik yang berisikan alur cerita sebuah animasi cartoon, yang diantaranya adalah:
  • Komik tentang Naruto
  • Komik tentang Spiderman
  • Komik tentang Batman
  • Komik tentang One piece
  • Komik tentang Doraemon
  • Komik tentang Frozen
  • Komik tentang Wonderland dan lain sebagainya.

5. Buku Manga

Yang pecinta animasi cartoon Jepang pasti gak heran lah ya dengan kata Manga. Yaitu sebuah buku yang berisikan komik dengan alur cerita perkembangan di Jepang pada abad ke sembilan belas.[11] Manga itu sama seperti komik dan tidaklah berbeda, tapi hanya saja manga itu sebuah komik yang tidak luput dengan ala ala Jepang. Dan bentuk penulisannya pun menggunakan bahasa Jepang.

Tapi perlu jadi penambah wawasan juga nih, yaitu kalian udah tahu gak? Manga apa apa aja sih yang paling laris di Jepang? Yuk kita bahas.
  • Manga Platinum End: manga ini sudah dirilis mulai tahun 2015 serta manga ini merupakan karya dari Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata.
  • Manga Seraph of The End: manga ini sudah dirilis mulai tahun 2012 silam dan masih berjalan perilisannya hingga saat ini. Manga ini adalah karya dari Takaya Kagami.
  • Manga Doc. Stone: manga ini adalah manga yang mungkin paling terlaris di Jepang, karena di laman manga plus saja, manga Riichiro Inagaki dan Boichi ini, sudah dibaca lebih dari dua ratus lima puluh orang.
  • Manga Black Clover: manga ini diterbitkan pada tahun 2015 dan masih berjalan hingga saat ini. Dan mencapai chapter ke 273, manga ini merupakan karangan dari Yuki Tabata.
  • Manga Ao No Exorcist: manga ini mungkin adalah manga jenis tertua, karena faktanya manga ini sudah dirilis pada tahun 2009. Manga ini merupakan karangan dari Kazue Kato.
  • Manga Vagabond: manga ini sudah dirilis sekitar pada tahun 1998 dan hingga saat ini, manga ini sudah mencapai ke chapter 300 volume, manga ini karya dari Takehiko Inoue.
  • Manga Shuumatshu No Valkyrie: manga ini dirilis pada tahun 2017 san dan masih berjalan hingga saat ini. Manga ini adalah hasil dari karya Fukui Takumi dan Umemura Shinya.
  • Manga Tensei Shitara Slime Datta Ken: manga ini diterbitkan sekitar tahun 2019 dan hasil dari karya Taiki Kawakami dan Fuse.
  • Manga Mashle: Magic and Muscle: manga ini sudah dirilis pada tahun 2020 lalu dan manga ini masih merilis chapter nya hingga saat ini. Manga ini karya dari Hajime Komoto.
  • Manga Hunter X Hunter: manga ini sudah dirilis pada tahun 1998 lalu dan manga ini masih merilis chapter nya hingga saat ini. Manga ini karya dari Yoshihiro Togasi.
  • Manga Boku No Hero Academia: manga ini sudah dirilis pada tahun 2014 silam dan manga ini masih merilis chapter nya hingga saat ini. Manga ini karya dari Kohei Horikoshi.
  • Manga Boruto: setelah serial Narutonya tamat, kemudian pada tahun 2016 Masashi Kishimoto merilis sebuah manga serial anak Naruto yang hingga kini menjadi peringkat terbaik untuk manga terbaik di Jepang.
  • Manga Dragon Ball Super: ternyata manga ini menduduki peringkat kelima besar loh dishone. Manga ini banyak digemari oleh para remaja Jepang disana.
  • Manga One Punch Man: Manga ini menjelaskan tentang pemeran utama yaitu Saitama yang akan menjadi pahlawan dunia, karena faktanya Saitama harus bertarung mati Matian untuk bisa mengalahkan raja monster dibumi.
  • Manga One Piece: siapa sih yang gak kenal ke animasi one piece? Yaa yaitu sebuah manga hasil dari karya Eiichiro Oda ini sudah masuk kategori sebagai manga terbaik sepanjang masa.[12]

6. Buku Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah kata yang terujuk pada sebuah karya yang berisikan banyak sekali referensi yang akurat didalamnya. Ensiklopedia ini umunya adalah sebuah rangkuman dari suatu pembahasan atau pembelajaran yang dibahas dengan menggunakan berbagai macam rujukan/referensi yang diambil dari bebagai sumber, baik itu dari jurnal, buku atau web.[13]

Kata ensiklopedia itu diambil dari bahas Yunani "ἐγκύκλιος παιδεία" yang artinya adalah pengajaran yang lengkap. Jadi setiap apapun yang membahas sesuatu yang berisikan referensi dibagian bawahnya atau diakhir kalimatnya, itu adalah ensiklopedia.[14]

7. Buku Kitab suci

Kitab suci menurut kamus bahasa Indonesia (KBBI) Adalah sebuah Wahyu yang datang dari Tuhan dengan bentuk dibukukan.[15] Jadi setiap apapun Wahyu yang diturunkan oleh tuhan, baik itu sebuah kabar, cerita atau perintah kemudian dibukukan, maka itu adalah kitab suci.[16]

Kitab suci itu banyak sekali macam dan modelnya, tergantung dari agama itu sendiri, karena faktanya adalah setiap agama pasti memiliki kitab sucinya masing masing. Contoh:
  • Agama Islam memiliki kita suci Al Qur'an
  • Agama Kristen memiliki Al Kitab
  • Agama Yahudi memiliki Talmud
  • Agama Mormon memiliki kitab Mormon
  • Agama Konghucu memilki Kitab Meng zi
  • Agama Hindu memilki Kitab Weda
  • Agama Budha memiliki Kitab Tripitaka
Dan masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu demi satunya disini.

8. Buku Biografi

Buku biografi adalah sejenis buku yang mengandung riwayat atau cerita hidup seseorang sampai ia meninggal dan tentunya riwayatnya diambil dari para tokoh tokoh yang terkenal.[17]

Dan kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai buku biografi yang terbaik sepanjang masa, dan mungkin dapat membantu kalian semua dalam merubah pandangan hidup. Diantaranya adalah:

  • Becoming, karya Michelle Obama: buku ini membahas tentang sebuah pengalaman seorang ibu negara yang tentunya akan membuat kita berpikir bahwa menjadi ibu negara yang agar diakui oleh para rakyat nya itu tidaklah mudah.
  • Steve Jobs, karya Walter Isaac: dalam buku ini, mengkisahkan sebuah perjuangan seseorang yang sangat menginspirasi banyak orang di era teknologi seperti ini.
  • Just Kids, karya Patti Smith: buku ini membahas tuntas tentang kehidupan Patti Smith yang tentunya Sangat melegenda sekali dalam dunia permusikan dunia yang sebelumnya belum pernah terungkap dikalangan publik umum.
  • Educated, karya Tara Westover: siapa hayo disini yang gak kenal ke Tara Westover, dia memiliki kegemaran yaitu bertualang ke seluruh penjuru dunia, untuk lebih lengkapnya nya silahkan kalian cek dibukanya Tersebut.[18]

9. Naskah

Naskah adalah sebuah tulisan tangan asli manusia yang tidak dicetak dengan mesin yang didalamnya berisikan macam macam bentuk dokumen penting.

10. Light novel 'Novel Ringan'

Adalah saudara dari buku novel sebelumnya, hanya saja buku Light novel novel ini banyak sekali mengandung animasi atau anime. Buku ini biasanya hanya ditujukan kepada anak anak yang masih berada diusia menengah.

11. Buku tulis

Buku tulis adalah sebuah lembaran kertaa yang banyak yang kemudian disatukan tanpa adanya satu catatan apapun didalamnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari buku tulis, diantara adalah:
  • Bisa dijadikan sebagai mencurahkan isi hati
  • Mencatat hutang kita.
  • Mencatat rumus dan masih banyak lagi.

12. Buku gambar

Buku gambar adalah buku yang tidak berisikan teks atau kalimat, buku gambar hanya berisikan gambar gambar yang meminta kepada para pemilik buku tersebut untuk mewarnai dari gambar kosong yang telah disediakan dengan menggunakan war kesukaan mereka. Disini mereka bebas berkreasi sendiri.

13. Cergam

Cargam adalah sebuah singkatan dari Cerita Gambar, buku ini didesain untuk para anak anak yang masih dini, tujuan agar mereka bisa melatih sedikit demi sedikit otak mereka dengan imajinasi mereka sendiri. Buku ini hanya berisikan cerita cerita pendek saja.

14. Dongeng

Dongeng bisa juga kita katakan sebagai cerita hayalan ini merupakan sebuah cerita yang tidak ada kenyataannya sama sekali Didunia. Artinya cerita yang ada dalam sebuah dongeng hanyalah sebuah halu belaka. Tapi pandangan positif nya adalah dari setiap dongeng yang kita dengar didalamnya terdapat sebuah pelajaran yang sangat amat berharga bagi kita. Contohnya dongeng yang terkenal bahkan menyebar luas dinegara Indonesia adalah:
  • Cermin Ajaib
  • Pulau Matahari
  • Singa dan Jakal yang Cerdik
  • Si kura kura yang Sombong
  • Telur Emas
  • Cerdiknya si Kancil
  • Dan lain sebagainya.

15. Kitab Tafsir

Buku/kitab tafsir adalah sebuah buku yang menjelaskan firman Allah SWT yang ada di dalam Al Qur'an baik menggunakan bahasa Arab atau tidak.

Contoh kitab tafsir itu banyak, seperti:
  • Kitab tafsir Ma'alimut-Tanziil, karangan Al Imam Baghawi
  • Kitab Tafsir Jami'ul Bayaan, karangan Al Imam Ibnu Hajar Al Haitami
  • Kitab Tafsir Addarul-Mansur Fii Tafsiiri Bil Ma'tsur, karangan Al Imam As-Suyuthi
  • Kitab Tafsir Al Munir, karangan Al Imam Wabah Az-zuhaili
  • Kitab Tafsir Jalalain, karangan Al Imam Abu Bakar Al Mahalli dan Juga Al Imam Abu Bakar Bin Abdur Rahman As-Suyuthi

16. Panduan

Buku panduan adalah buku yang memperdayakan banyak orang untuk melakukan apa yang mereka ingin lakukan. Seperti buku tentang resep makan dan lain sebagainya.

Jenis buku buku panduan itu banyak sekali macamnya, tapi diantaranya adalah:
  1. Cara membuat makanan spesial
  2. Cara meluruskan kayu yang bengkok
  3. Cara menjual saham yang baik dan benar
  4. Cara membuat jajan yang enak
  5. Cara membuat gorengan yang gurih dan lezat
  6. Dan masih banyak lagi.

17. Atlas

Atlas adalah sebuah buku yang berisikan peta peta diseluruh dunia, yang tentunya ini juga menjadi suatu kemudahan bagi kita untuk mengetahui lokasi dan tempat suatu desa, daerah atau wilayah diseluruh dunia.

Baik hanya itu saja yang bisa kami sampaikan dari artikel Macam macam buku Didunia dengan sedikit penjelasan nya. Mohon maaf apabila ada yang salah dalam teks atau kalimat nya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates