input license here

10 Tokoh Pemimpin Islam Di Indonesia

10 Tokoh Pemimpin Islam Di Indonesia
10 Daftar Tokoh Pemimpin Islam di Indonesia - kayaknya bukan orang asli Indonesia deh kalau belum tahu tokoh tokoh pemimpin Islam di Indonesia. Karena nama mereka bukan hanya terkenal di Indonesia saja tapi seluruh dunia juga mengenal mereka semua.

Indonesia adalah negara yang merdeka dengan sendirinya, artinya negara republik Indonesia ini merdeka, bukan karena adanya menyerah kepada sekutu, tetapi dengan adanya semangat dan perjuangan dari seluruh warga indonesia mulai dari pemudanya dan masyarakat nya.

Maka dari itu semua, pasti ada tokoh tokoh yang penting juga didalamnya terlebih nya mereka adalah orang orang yang memiliki pengaruh besar dalam kepemimpinan agama Islam di Indonesia. Siapa sajakah mereka itu? Mari kita bahas satu satu.

Pemimpin adalah orang yang memiliki kekuasaan terhadap sebuah anggota baik itu didalam organisasi atau sebuah kelompok yang berisikan 2 atau 3 orang.

10 Daftar Tokoh Pemimpin Islam di Indonesia

1. Doc. Abdurahman Wahid

Doc. Abdurahman Wahid yang berkelahiran pada masa hindia Belanda pada tanggal 07 September 1940 ini, namanya sudah terkenal bagi seluruh rakyat Indonesia. Nama beliau juga kerap disebut sebagai sebutan Gus Dur ini memiliki peran yang sangat sangat besar bagi kebangsaan Indonesia bukan hanya dalam bidang politik saja tapi dalam hal kepimpinan Islam juga Beliau sangat berperan didalamnya.

Beliau juga menjadi tokoh muslim terbesar di-indonesia, sebab beliau adalah orang yang sangat peduli dalam bidang HAM (Hak asasi Manusia) bahkan beliau pernah diberikan penghargaan dari Simon Wiesenthal Center, sebab kepedulian beliau dalam HAM.

Sejarah mencatat bahwa beliau juga pernah diberikan penghargaan dari  Mebal Valor yang berpusat di los angeles, akibat keberanian beliau membela para kaum minoritas. Jadi sangat pantas sekali beliau menjadi tokoh besar pemimpin Islam yang ada di Indonesia, sungguh beruntung sekali negara kita memiliki orang yang seperti beliau.

2. Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah

Yang kedua yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang sering disebut dengan sebutan Hamka ini, merupakan seorang Sastrawan dan Ulama asli Indonesia. Beliau juga merupakan tokoh besar dalam pemimpin Islam di Indonesia raya kita ini.

Beliau bukan hanya menyandang sebagai tokoh pemimpin besar Indonesia saja, tapi nama beliau juga masuk dalam bagian Pahlawan nasional Indonesia. Sebab beliau adalah orang pertama yang berani menggugat kawin paksa yang ada di Minangkabau dan hubungan kekerabatan yang tidak sesuai dengan pandangan cita cita Indonesia serta penggolongan manusia yang berpangkat, berharta dan bertahta.

Maksud nya yang berharta khusus yang berharta dan begitupun seterusnya. Karena menurut Hamka sendiri adalah "adat bertentangan dengan agama Islam yang memandang kedudukan manusia sama di hadapan Allah". Semoga generasi kita juga ada yang terlahir seperti beliau.

3. Hasan Basri

Hasan Basri adalah termasuk dari 36 orang yang mendirikan APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) ia termasuk orang yang cerdas dan cekatan. Menurut riwayat kehidupan nya, Hasan Basri ini sudah belajar agama Islam sejak usia dini, dan ia juga sudah tahfidz pada usia yang sangat muda sekali.

Beliau adalah seorang sosok yang sangat terkenal dan penting dalam Negera Indonesia, karena fakta mengatakan beliau Ia sangat aktif sekali dalam memperjuangkan nasib nasib para pedagang kecil saat ditengah arus modernisasi dan globalisasi yang melanda negara Indonesia pada saat itu.

4. Abu Bakar Ba’asyir

Nama asli beliau adalah Abu Bakar Ba'asyir bin Abu Bakar Abud, beliau adalah pengasuh serta pemimpin pondok pesantren Al Mu'min dan bukan hanya itu saja beliau juga menjadi pemimpin Majlis Mujahidin Indonesia (MMI).

Beliau juga hanya seorang manusia yang biasa tetapi berkat kerja kerasnya sehingga beliau diberkati sebagai Tokoh Islam Indonesia, walaupun beliau adalah keturunan Arab tetapi kecintaan beliau terhadap negara kesatuan republik Indonesia tidak dapat kita bayangkan.

Beliau pernah berjasa dalam dunia penceramahan karena sekalipun beliau masih digeluti dengan berbagai kasus dengan isu isu yang berbau radikal beliau tetap dalam perjuangan dakwah.
 

5. KH. Makruf Amin

Siapa yang tidak kenal dengan satu nama ini, yaa beliau adalah sosok orang yang mulia dan sekaligus menjadi wakil pemimpin negara Indonesia.

Beliau bukan hanya hebat dalam bidang ilmu agama tetapi beliau juga adalah seorang dosen dan ulama terkenal di Indonesia. Pangkat beliau bukan hanya menjadi wakil presiden saja tetapi beliau juga pernah menjabat sebagai dewan pertimbangan presiden Indonesia, yaitu pada masa kepresidenan bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

6. Ahmad Dahlan

KH. Ahmad Dahlan adalah gelar beliau yang sesungguhnya. Beliau adalah seorang yang mendirikan organisasi Muhammadiyah di-indonesia serta sekaligus menjadi organisasi terbesar di Indonesia.

Beliau bukan hanya berjasa dalam bidang keilmuan agamanya tetapi beliau juga menjadi tokoh besar bagi negara Indonesia, sebab beliau adalah pembangkit kesadaran atas bangsa Indonesia sekaligus beliaulah yang menjadi pembaharu agama Islam dan pendidikan Islamiyah di Indonesia.

7. Habib Rizieq Bin Husein bin Syihab

Siapa yang tidak kenal Habib Rizieq? Beliau adalah pendiri dari Organisasi Islam yaitu FPI (Front Pembela Islam) yang ber-aqidahkan Ahli Sunah Wal Jama'ah.

Beliau mendirikan FPI yaitu hanya untuk mententramkan keadaan negara Indonesia yang kini mulai dihancurkan oleh para PKI dan ormas ormas penghancur negara Indonesia. Tapi banyak yang tidak menyadari atas perjuangan beliau yang sangat mulia ini, entah mereka mungkin lebih mementingkan uang atau bagaimana, tapi yang jelas beliau sangat berjasa bagi negara Indonesia.

8. KH. Hasyim Asy'ari

KH. Hasyim Asy'ari juga merupakan salah satu tokoh besar ummat Islam. Beliau juga tercatat sebagai pahlawan Nasional Indonesia.

KH. Hasyim Asy'ari juga merupakan orang pertama yang mendirikan NU atau Nahdhatul ulama di Indonesia, yang kini NU menjadi wadah dari Ahli Sunnah Wal Jama'ah, yang juga menjadi organisasi terbesar di Indonesia.

Pernah dengar pondok pesantren Tebuireng? Ya itu didirikan oleh beliau sepulang beliau dari kita Makkah Al Mukarramah. Sekitar pada abad ke 20.

9. Ahmad Syafii Maarif

Nama lengkap beliau adalah Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, beliau adalah salah satu tokoh agama Indonesia buang sangat terkenal dan masih ternama saat ini.

Jabatan yang pernah diduduki oleh beliau diantaranya adalah:
  • Ketua umum pengurus pusat Muhammadiyah
  • Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP)
  • pendiri Maarif Institute
Beliau sangat mahir dalam bidang sejarah, akibat semangatnya itu, ia terus menerus mengikuti Program Master di Departemen Sejarah Universitas Ohio, AS. 

Sementara gelar doktor beliau itu didapatkan dari Program Studi Bahasa dan Peradaban Timur Dekat, Universitas Chicago, AS, dengan disertasi: Islam as the Basis of State: A Study of the Islamic Political Ideas as Reflected in the Constituent Assembly Debates in Indonesia.

10. KH. Hasyim Muzadi

Ahmad Hasyim Muzadi merupakan seorang politis Indonesia yang berkelahiran pada tanggal: 18 Agustus 1943. Beliau juga merupakan seorang mantan ketua umum dari NU dan juga beliau menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden 

Sejarah singkat beliau adalah beliau itu pernah menimba ilmu dimadrasah Ibtidaiyah dituban, kemudian setelah selesai disana beliau melanjutkan masa pendidikan nya lagi di PONPES Modern Ponorogo, Gontor. Dan diakhir masa pendidikan beliau, beliau ini melanjutkan masa pendidikan tingginya itu di  di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Sebetulnya masih banyak lagi tokoh yang sangat berperan penting dinegara Indonesia kita ini, tapi ini merupakan wawasan singkat yang semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Maka dari itu hendaknya kita sebagai orang tua memiliki potensi dan cita cita yang tinggi untuk menjadi kan anak anak kita yang ketika besar nantinya mampu namanya tertulis dibuku sejarah Indonesia, sebagai tokoh pemimpin Islam di Indonesia.
Related Posts
SHARE
Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe to get free updates