input license here

Cara Mengembalikan Semangat Yang Hilang

Disusun oleh Marelisa Fábrega.
Banyak orang yang kehilangan rasa kehilangan semangat yang tinggi, sehingga mereka banyak yang putus asa yang padahal bisa diobati.

Kali ini kami akan berikan kepada anda cara mengembalikan kesemangatan anda yang hilang, mari kita bahas satu persatu.

Cara Mengembalikan Semangat Yang Hilang

Cara Mengembalikan Semangat Yang Hilang

1. Ikuti kebahagiaan Anda

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membangkitkan semangat daripada terlibat dalam aktivitas yang Anda sukai dan melakukan pekerjaan yang Anda sukai.

Jika situasi Anda saat ini sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat terlibat dalam pekerjaan yang paling Anda sukai, putuskan apa yang ingin Anda lakukan dan fokus pada kenyataan bahwa Anda akan terlibat dalam pekerjaan tertentu di beberapa titik di masa depan.[1]

Bahkan jika saat ini Anda tidak berdiri di tempat yang Anda inginkan, Anda dapat membangkitkan kesemangatan anda dengan menghadap ke arah yang ingin Anda tuju.

2. Pikirkan hal-hal yang ingin Anda capai

Berikut kutipan dari "Beberapa orang Sukses" Hill: “Rumah yang ingin Anda miliki, uang yang ingin Anda peroleh dan bekerja di tempatkan bank, perjalanan yang ingin Anda lakukan ketika Anda mampu membelinya, posisi dalam hidup yang ingin Anda isi ketika Anda telah mempersiapkan diri, dan persiapan itu sendiri. — ini adalah hal-hal yang menghasilkan kebahagiaan.” 

Jadilah manusia yang semangat tentang hal-hal ini, terlepas dari stasiun hidup Anda saat ini. Terus pikirkan waktu ketika Anda akan siap untuk mengubah hal-hal ini menjadi kenyataan.

3. Milikilah sebuah rencana

Membuat rencana akan mengisi Anda dengan kesemangatan untuk bangun setiap hari dan menindaklanjuti rencana Anda.

Mengemudi tanpa peta – yaitu, mencoba mencapai tujuan tanpa memiliki rencana – dapat segera menghabiskan semua motivasi Anda. Namun, ketika Anda tahu ke mana Anda ingin pergi – lihat titik “1” di atas – dan Anda memiliki peta yang menunjukkan cara menuju ke sana – Anda akan menekan pedal gas dan bergerak maju dengan kecepatan penuh. Banyak manusia yang tidak memiliki kesemangatan hidup, yaitu mereka yang rata rata Menjalankan kehidupan tanpa adanya tujuan.[2]

4. Keluar dari mode korban

Tidak ada yang bisa menghilangkan semangat lebih cepat daripada melihat diri Anda sebagai korban. 

Perhatikan dua skenario berikut: 
  • Anda terus-menerus berpikir: “Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan promosi yang saya inginkan karena bos saya sendiri sudah membenci saya.”
  • Anda mengatakan hal berikut kepada diri sendiri: "Saya tidak akan pernah bisa mengumpulkan modal yang saya butuhkan untuk memulai karena bank tidak akan meminjamkan uang kepada orang-orang seperti saya." 
Jika pemikiran Anda sejalan dengan dua skenario di atas—yaitu, jika Anda berpikir seperti korban—, bagaimana Anda bisa membangkitkan kesemangatan anda sendiri?

Untuk membangkitkan semangat, Anda perlu melihat diri Anda sebagai pencipta. Artinya, sadarilah bahwa Anda dapat terus-menerus mengambil langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, terlepas dari apa yang orang lain, atau bahkan kehidupan itu sendiri, berikan kepada Anda.

5. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang selalu semangat dan optimis

Bertemanlah dengan orang-orang yang akan mendorong Anda dan menantang Anda untuk mencapai tujuan Anda. Antusiasme menular; ketika Anda berada di sekitar orang-orang yang antusias dengan kehidupan mereka dan tentang pekerjaan mereka, antusiasme mereka akan menular pada Anda.[3]

Jika Anda tidak dapat menemukan orang yang Semangat, maka kelilingi diri Anda dengan video dan program audio dari orang-orang yang semangat.

Steve Pavlina—pemilik blog “Personal Development for Smart People”— ketika ia selesai kuliah dalam tiga semester. Dia menulis bahwa menjalani kuliah dengan cepat berarti memiliki kelas delapan jam sehari.

Untuk menjaga sikap positif yang bisa dilakukan, terlepas dari beban kerjanya yang berat, setiap kali Pavlina istirahat di antara kelas, dia akan mendengarkan program audio oleh Earl Nightingale, Zig Ziglar, dan lainnya. Pavlina menjelaskan bahwa ini membuatnya tetap semangat dan belajar dengan baik.

6. Rangsanglah diri Anda ke dalam keadaan semangat yang tinggi

Hill menjelaskan bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang membangkitkan kesemangatan, mereka—bisa berupa hal-hal berikut:
  • Pergi ke museum untuk mengagumi lukisan-lukisan indah.
  • Mendengarkan musik.
  • Menghabiskan waktu di alam.
  • Mengenakan pakaian yang membuat Anda terlihat bahagia.
  • Membaca buku oleh penulis yang Anda kagumi.
  • dan seterusnya.
Dia menambahkan bahwa semua orang yang berprestasi luar biasa telah menemukan cara dan sarana untuk merangsang diri mereka sendiri ke dalam keadaan kesemangatan yang tinggi. Identifikasi aktivitas atau situasi yang memberi energi pada Anda, dan terlibatlah di dalamnya sesering mungkin.

Dalam arti: orang yang memiliki harapan untuk semangat, maka ia tidak akan hanya berdiam diri saja, melainkan akan terus berjalan dengan membawa harapan dan cita-cita.

7. Ajukan pertanyaan

Earl Prevette menjelaskan bahwa salah satu cara terbaik untuk membangkitkan semangat dalam diri Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang kemampuan Anda, ide-ide Anda, dan kemajuan Anda. 

Demikian juga, jika Anda ingin membangkitkan semangat orang lain, ajukan pertanyaan kepada mereka.

Prevette mengatakan: “Ajukan pertanyaan yang cukup dan Anda akan menemukan jawabannya. Mengajukan pertanyaan merupakan memulai rantai ide yang tak ada habisnya, masing-masing menyarankan beberapa ide lainnya. Sebagian besar penemuan dan perbaikan adalah hasil dari pertanyaan. Seseorang yang ingin tahu jawabannya.” 

Pertanyaan membangkitkan ide, membangkitkan respons, merangsang minat, dan menciptakan keinginan. Artinya, mereka membangkitkan semangat dengan mencari jawaban didalam diri mereka sendiri.

8. Kembangkan sikap yang benar

Metode lain yang direkomendasikan Prevette untuk membangkitkan antusiasme adalah memiliki sikap yang benar. Sikap adalah mendapatkan kemiringan yang tepat pada hal yang Anda lakukan. Prevette menjelaskan bahwa ketika dia menjadi seorang salesman dia mengadopsi sikap bahwa dia menciptakan dan mengembangkan ide untuk membantu orang lain. 

Perspektif ini memberinya semangat untuk menjual; dia ingin sekali menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan orang lain, dan memenuhi kebutuhan itu dengan baik. 

Berikut kutipan dari Prevette: “Sikap yang benar terhadap pekerjaan Anda memanfaatkan sumber pengetahuan dan pengalaman yang tersembunyi, dan mengerahkan semua kekuatan yang tersedia untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.”

9. Berikan semua perhatian Anda pada apa yang Anda lakukan. 

Cara lain untuk membangkitkan antusiasme adalah dengan memberikan perhatian penuh pada apa yang Anda lakukan. Prevette menjelaskan bahwa melakukan pekerjaan apa pun dengan baik membutuhkan konsentrasi pikiran. Integrasikan atribut mental Anda sepenuhnya, kumpulkan, dan perhatikan dengan seksama apa yang Anda lakukan. 

Inilah yang dikatakan Prevette: “Bukan menghabiskan waktu berjam-jam, tetapi menempatkan diri Anda pada jam-jam yang memenangkan promosi, menghasilkan lebih banyak uang, mempercepat kenaikan gaji, dan membuat Anda unggul.”

Apa pun yang Anda lakukan, cari cara untuk menarik perhatian Anda dan memusatkan perhatian sepenuhnya pada aktivitas yang Anda lakukan. Sangat sulit untuk membangkitkan antusiasme ketika separuh pikiran Anda tertuju pada satu hal, dan separuh lainnya memikirkan hal lain.

10. Tingkatkan energi Anda.

Sulit untuk membangkitkan semangat ketika Anda merasa lelah. Pastikan Anda memiliki energi fisik untuk dapat membangkitkan banyak semangat dengan cukup tidur, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur.

11. Turunkan tingkat stres "buruk" Anda

Stres tidak selalu merupakan hal yang buruk. Bahkan, jika Anda ingin mencapai sesuatu yang penting dalam hidup, beberapa ketegangan diperlukan. Lihat berikut ini: Untuk mencapai hal-hal besar Anda perlu belajar dan tumbuh; yaitu, Anda perlu melangkah keluar dari zona nyaman Anda secara teratur. 

Untuk menyelesaikan sesuatu, Anda perlu menetapkan tenggat waktu. Menantang diri sendiri untuk mencoba hal-hal baru dan berusaha memenuhi tenggat waktu memang membuat stres. Namun, menetapkan tenggat waktu yang dapat Anda pertahankan dan berusaha untuk memenuhi tantangan yang dapat Anda capai dengan berusaha, menciptakan stres yang baik.[4]

Referensi
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates