input license here

Cara Menghemat Uang Agar Tidak Mudah Boros

Disusun oleh Mrs. Jane Scearce.
Cara Menghemat Uang Agar Tidak Mudah Boros. Beberapa tips untuk menghemat uang yang sudah jelas, seperti mengurangi makan di luar, atau membuang kebiasaan buruk yang mahal seperti merokok.

Faktanya, Anda mungkin membuang-buang uang dengan cara yang sangat umum tetapi sering diabaikan. Berikut adalah kami akan memberikan beberapa solusi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Cara Menghemat Uang Agar Tidak Mudah Boros

Cara Menghemat Uang Agar Tidak Mudah Boros

1. Membeli Produk Yang Bermerek

Toko dan merek generik menjadi salah satu cara yang paling jarang digunakan oleh banyak orang untuk menghemat uang mereka ketika membeli berbagai produk. Baik dari makanan, perawatan kulit, hingga obat bebas.
  • Kemungkinan besar toko kelontong atau toko obat obatan lokal Anda memiliki merek toko untuk mereka atau menjual versi generik. Periksalah labelnya; dalam kebanyakan kasus, bahan-bahannya hampir sama, tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk merek-merek besar.
Tidak semuanya merek produk lokal bahanya berbeda dengan yang bermerek mahal. Contoh; jika anda membeli sebuah produk kecantikan pemutih, maka intinya satu yaitu memutihkan wajah anda, maka yang perlu anda ketahui adalah kebanyakan dalam beberapa kasus bahan mereka mirip dan tidak jauh berbeda. Jadi jika statusnya sama hanya saja harga yang membedakannya, maka keputusan ada ditangan anda. Mau hemat atau boros seperti bulan kemarin.[1]

2. Membayar Orang Lain Untuk Perbaikan Mobil 

Jika anda memiliki alat transportasi seperti motor atau mobil, maka jalan hematnya adalah anda bisa menyewa orang lain untuk memperbaikinya jika masalahnya sepele. Beberapa masalah mobil yang lebih sederhana tidak perlu diperbaiki oleh mekanik profesional. Dikalau anda mengundang tetangga anda atau teman anda untuk memperbaiki mobil anda, itu akan lebih menyenangkan.
  • Anda bisa menggunakan menggunakan metode lain seperti melihat atau menonton tutorial artikel di internet atau melihat videonya langsung dari YouTube yang bersertifikat.
Hal yang hebat tentang era Internet untuk pemilik mobil adalah bahwa ada berbagai macam video instruksi yang mudah dan bermanfaat di luar sana. Dan Anda pasti memiliki lebih banyak kemampuan untuk menyetel mobil Anda dengan harga murah dari apa yang Anda pikirkan sebelumnya.[2]

3. Berhenti Belanja Makanan Saat Lapar di Jalan

Jika anda hanya pergi sebentar dan ketika hendak pulang anda merasa lapar, maka tahanlah! Jangan pernah coba coba untuk membeli makanan dijalan seperti warung dipinggir jalan. Faktanya anda bisa menghemat uang anda untuk digunakan diperjalanan yang sesungguhnya seperti pergi berlibur.
  • Anda akan kehilangan sesuatu yang amat sangat berharga didalam kehidupan anda jika anda terus berulang ulang melakukan sesuatu pemborosan yang sepele seperti ini.[3]

4. Perhatikan Kadaluarsa Sebuah Produk Atau Makanan

Untuk beberapa makanan yang lebih mudah rusak, tanggal kedaluwarsa memiliki otoritas lebih, tetapi Anda biasanya dapat mengetahui hal ini dengan bau atau warna yang berkembang saat makanan atau produk anda mulai memburuk.
  • Jika anda membeli sesuatu maka yang yang harus diperhatikan dahulu oleh anda adalah labelnya dan waktu kadaluwarsa nya. Jika anda tidak melakukan ini, kemungkinan besar sesuatu yang sudah anda beli, mungkin besok harinya anda akan membuangnya, karena anda tidak mengetahui nya.
Anda juga dapat menggunakan database online untuk mencari umur produk yang sebenarnya baik dari makanan tertentu dan membandingkannya dengan apa yang tertera pada label.[4]

5. Memperhatikan Kebutuhan Anda Dalam Keseharian

Jika Anda akan membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan, maka yang harus anda pikirkan adalah 'Berfikir dan Menanti' dan lihat bagaimana perasaan Anda keesokan harinya. Ini akan membantu Anda menghentikan pembelian yang boros, dan Anda akan menyadari bahwa Anda tidak akan menginginkan 'sebanyak ini' hal setelah memikirkannya selama sehari.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri:
  1. Apakah saya membutuhkan ini?
  2. Apakah saya masih akan menggunakan ini seminggu, sebulan, 6 bulan, setahun dari sekarang?
Hal lain yang membantu adalah menghitung berapa jam Anda perlu bekerja untuk mengembalikan biaya pembelian anda.

Misalnya, jika biaya pembelian $50, dan Anda menghasilkan $10/jam, Anda harus bekerja 5 jam untuk mendapatkan uang itu kembali. Jika anda menyadari bahwa uang adalah jam kerja anda, maka bekerjalah yang rajin dan beli sesuatu yang anda butuhkan.[5]

6. Jangan Membeli Barang Yang Dijual Hanya Karena Sedang Obral

Cara besar toko yang menipu pembeli untuk membeli sesuatu adalah dengan menjualnya ketika sedang obral. Mereka menempelkan stiker merah besar di atasnya atau memasang tanda diskon 50%, dan orang-orang mulai membeli omong kosong yang tidak pernah mereka pikirkan untuk dibeli dengan harga penuh!.
  • Taktik ini bekerja dengan sangat baik karena menciptakan rasa urgensi. Jika anda tidak mengabaikan ini, maka pengaruhnya adalah anda mungkin saja membeli sesuatu yang bisa anda pakai 1 tahun tapi yang semestinya anda bisa membeli yang harga asli dan anda bisa menggunakannya selama anda hidup.
Persepsi nya adalah produk yang baik dan terjamin kualitasnya tidak akan pernah diobral, yaa mungkin dijual tapi hanya uang semata.[6]

7. Belanja Cerdas

Anda dapat melakukan yang terbaik untuk menghindari belanja, tetapi pada titik tertentu, Anda harus membeli barang-barang seperti bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, pakaian, dan beberapa barang menyenangkan sesekali untuk membuat hidup tetap menarik.
  • Namun, jika Anda hanya pergi keluar biasa dan membeli barang-barang ini, Anda akan membuang-buang uang! Ada begitu banyak peluang tabungan mudah yang Anda lewatkan.
Jika Anda ingin menghemat uang untuk makanan dan perlengkapan rumah tangga. Usahakan anda keluar dari rumah menuju toko anda, hanya untuk membeli keperluan anda saja, bukan untuk mengikuti trend di media sosial atau yang lainnya.[7]

8. Negosiasikan Tagihan Anda

Pikirkan tentang berapa lama Anda telah menggunakan internet, telepon seluler, dan perusahaan kabel yang sama. Apakah Anda sudah lama menjadi pelanggan setia?.
  • Sekarang pikirkan tentang berapa kali Anda menelepon dan mencoba menegosiasikan tagihan Anda untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Pernahkah kamu? Jika belum, Anda bisa membuang-buang uang dengan membayar lebih dari yang seharusnya.
  • Yang diperlukan hanyalah beberapa jam waktu Anda dan panggilan telepon dan Anda dapat menghemat ratusan tagihan Anda setiap tahun.
Jika anda hanya menggunakan sosial media tanpa mengadakan kegiatan streaming atau sebagai nya, maka hindari membeli Kouta mahal atau menyewa WiFi yang kemungkinan besarnya anda tidak membutuhkan sebanyak itu.[8]

9. Jadwalkan Belanja Anda dengan Bijak

Banyak pengecer memiliki penjualan tahunan untuk barang-barang tertentu, biasanya ketika mereka sedang mengosongkan inventaris untuk memberi ruang bagi lini baru tahun mendatang.

Anda dapat memperoleh penghematan besar dengan menandai kalender Anda untuk bulan-bulan terbaik untuk membeli perlengkapan berikut.
  • Januari: seprai dan tempat tidur, peralatan olahraga, pakaian musim dingin
  • Februari: TV, perangkat lunak pengarsipan pajak, peralatan masak, dan peralatan dapur kecil
  • Maret: ski dan papan seluncur salju, mode kelas atas, koper
  • April: ban, liburan kapal pesiar, diskon hotel pada hari pajak
  • Mei: kasur, hub rumah pintar, perabot kantor
  • Juni: peralatan berkebun, keanggotaan gym, peralatan berkemah
  • Juli: pakaian renang, AC
  • Agustus: laptop, perlengkapan sekolah, sepatu
  • September: model iPhone lama, panggangan, pakaian musim panas
  • Oktober: model sedan dan SUV, kostum Halloween, furnitur teras
  • November: sistem game, tablet, peralatan besar
  • Desember: perhiasan, mainan, gaun pengantin.[9]
Akhir: Uang kadang jahat kepada diri kita, tapi jika anda berteman dengan baik kepadanya. Maka anda akan mengerti bahwa uang bukan segalanya tapi segalanya memang membutuhkan uang. Lakukanlah yang terbaik untuk uang uang anda, jangan gunakan kepada hal yang ceroboh.

1. https://www.lifehack.org/articles/money/25-unnecessary-wastes-money-you-dont-think-about.html. Main Accese: 8 Agustus 2021
2. https://www.lifehack.org/articles/money/25-unnecessary-wastes-money-you-dont-think-about.html. Main Accese: 8 Agustus 2021
3. https://www.lifehack.org/articles/money/25-unnecessary-wastes-money-you-dont-think-about.html. Main Accese: 8 Agustus 2021
4. https://www.lifehack.org/articles/money/25-unnecessary-wastes-money-you-dont-think-about.html. Main Accese: 8 Agustus 2021
5. https://www.swiftsalary.com/how-to-stop-wasting-money/. Main Accese: 8 Agustus 2021
6. https://www.swiftsalary.com/how-to-stop-wasting-money/. Main Accese: 8 Agustus 2021
7. https://www.swiftsalary.com/how-to-stop-wasting-money/. Main Accese: 8 Agustus 2021
8. https://www.swiftsalary.com/how-to-stop-wasting-money/. Main Accese: 8 Agustus 2021
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates